Pemerintah DIY Segera Razia Taksi Daring

Patricia Vicka    •    Jumat, 20 Oct 2017 19:14 WIB
taksi onlinetransportasi berbasis aplikasi
Pemerintah DIY Segera Razia Taksi Daring
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DI Yogyakarta Dewo Isnu Broto. Foto: MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dinas Perhubungan DI Yogyakarta segera menggelar razia kendaraan taksi daring. Tindakan ini untuk menegakkan aturan soal angkutan sewa khusus yang baru diteken Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Kami pakai payung hukum UU Lalu lintas no 22 tahun 2009. Kami minta seluruh pengemudi taksi daring segera menaati persyaratan yang ada di peraturan itu," tegas Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Perhubungan DIY Dewo Isnu Broto di kantor kepatihan Yogyakarta, Jumat 20 Oktober 2018.

Dishub DIY akan menindak pengemudi yang membawa kendaraan berpelat non-DIY (pelat AB). Mereka juga akan memberi sanksi untuk kendaraan yang belum uji KIR dan tidak membawa surat-surat lengkap.

Dishub turut akan menggandeng kepolisian untuk terus memonitoring razia pengemudi taksi daring.

(Klik: Sembilan Poin terkait Revisi Peraturan Taksi Online)

Terkait uji KIR, Dishub DIY menyerahkan wewenang pelaksanaan ujian ke Dishub di kabupaten dan Kota. Prosedur pelaksanaan Uji KIR taksi daring disamakan dengan uji kir taksi konvensional.

"Kami juga harap agar pengelola taksi online tidak merekrut pengemudi baru lagi. Mengingat jalanan Yogyakarta yang sempit dan wilayahnya yang kecil," ucap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Setda DIY.

Pemda juga mengimbau agar para PNS dan warga Yogyakarta yang sudah memiliki pekerjaan tetap untuk tidak ikut-ikutan menjadi pengemudi taksi online. Hal ini untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk mengais rejeki.

(Baca: Taksi Online Diwajibkan Memakai Stiker Khusus)


(SUR)