Muhammadiyah akan Berikan Penghargaan pada Sultan HB X

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 16 Nov 2017 17:27 WIB
muhammadiyah
Muhammadiyah akan Berikan Penghargaan pada Sultan HB X
Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto (kiri), Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (tengah), dan Wakil Ketua Majelis Ekononi Kewirausahaan PP Muhammadiyah Herry Zudianto (kanan) -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Muhammadiyah akan memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh saat peringatan HUT ke-105 pada Jumat, 17 November 2017. Salah satu tokoh yang bakal menerima penghargaan adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa pemberian penghargaan baru pertama kali dilakukan. Tidak setiap perayaan ulang tahun, Muhammadiyah bakal memberikan penghargaan.

"Karena ini spesial, momentumnya pas," kata Haedar saat konferensi pers di kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Kamis, 17 November 2017.

Menurut Haedar, pemberian penghargaan itu murni inisiatif pengurus Muhammadiyah. Penerima penghargaan adalah tokoh yang dianggap telah memberikan kontribusi pada perjalanan organisasi Muhammadiyah.

"Muhammadiyah lahir dan berkembang di Yogyakarta. Ini menunjukkan Muhammadiyah secara natural punya sensitivitas kebudayaan," ujarnya.

(Baca: Muhammadiyah Gelar Milad ke-105 di Keraton Yogyakarta)

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto menambahkan, penghargaan yang diberikan dinamakan Muhammadiyah Award. Sri Sultan HB X menjadi salah satu penerima penghargaan karena ikut mendukung berdirinya dan perkembangan Muhammadiyah.

Tokoh lain yang akan mendapat penghargaan adalah peniliti asal jepang bernama Mitsuo Nakamura. Ia dinilai telah memberikan kontribusi bagi Muhammadiyah dalam aspek ilmu pengetahuan.

Mitsuo menjadikan Muhammadiyah sebagai obyek penelitiannya. Hasil penelitiannya telah duterbitkan dalam bentuk buku berjudul `Bulan Sabit Terbit di Atas Pohon Beringin (Studi tentang Pergerakan Muhammadiyah di Kotagede).

"Ada juga warga di luar (organisasi) Muhammadiyah, yakni H. Ahmad Roemani. Ia berjasa karena sudah memberikan harta bendanya sebagai badan usaha Muhammadiyah," pungkasnya.


(NIN)