14 ADHA di Solo Akan Dipindah Ke Sembilan SD

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 16 Feb 2019 13:32 WIB
ODHA
14 ADHA di Solo Akan Dipindah Ke Sembilan SD
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Solo: Sebanyak 14 anak dengan HIV/AIDS (ADHA) di Solo akan dipindah ke sembilan sekolah dasar (SD). Hal ini menyusul penolakan orang tua murid terhadap keberadaan 14 ADHA itu di salah satu SD di Laweyan, Solo.

Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, mengatakan telah mengumpulkan para kepala SD di Solo. ADHA dimungkinkan untuk menempati sembilan SD.

"Sudah kami bahas dengan sekolah-sekolah, ada sembilan yang siap menerima. Nama SD sengaja kami sembunyikan," kata Etty saat dikonfirmasi, Sabtu, 16 Februari 2019.

Adapun lokasi sembilan sekolah tersebut berada di sekitar rumah singgah Lentera, kawasan TMP Kusuma Bhakti, Jebres, Solo. "Kita pilihkan yang dekat dengan rumah,"jelas Etty.

Mengenai waktu pemindahan, Etty memastikan dilakukan dalam waktu dekat. Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pengelola rumah singgah Lentera.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa penolakan terjadi pada Januari 2019. Pemerintah pun memberikan opsi, salah satunya mengadakan sekolah nonformal bagi mereka.

Namun Ketua Yayasan Lentera, Yunus Prasetyo mengaku lebih memilih agar ADHA tetap mendapatkan hak pendidikan di sekolah formal. "Supaya tidak ada diskriminasi buat mereka," kata Yunus.


(DEN)