Mahfud MD Menduga Ada Produsen Hoaks Menjelang Pemilu

Patricia Vicka    •    Rabu, 20 Feb 2019 14:06 WIB
pilegpilpres 2019
Mahfud MD Menduga Ada Produsen Hoaks Menjelang Pemilu
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjawab pertanyaan wartawan seusai menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion Konstitusi di Jakarta, Rabu (13/2). FOTO: MI/ BARY FATHAHILAH.

Yogyakarta: Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mafhud MD menduga ada gerakan yang hendak menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pemilu 2019. Gerakan ini mengikis kepercayaan masyarakat melalui informasi tidak benar atau hoaks.

"Ada gerakan yang tujuannya ngaco. Yakni produsen hoaks. Mereka memproduksi berita yang salah. Sehingga pemilu dirasa ga kredibel," kata Mahfud usai menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Selasa malam, 19 Februari 2019.

Mahfud menduga, produsen hoaks ini terorganisir dan sistematis. Produsen hoaks sengaja membuat informasi yang menyerang kredibilitas pihak-pihak yang punya wewenang pada pemilu.

Misalnya seperti yang dialami oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Beberapa waktu lalu ramai diberitakan di media sosial adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos.

Mahfud menduga informasi tersebut disebarkan untuk membuat pandangan masyarakat bahwa KPU sudah tidak netral dan dijadikan alat politik pasangan calon tertentu.

"Seolah-olah KPU tunduk pada penguasa yang sekarang. Enggak benar. KPU itu dibuat oleh DPR sebagai alat kekuatan negara dalam memilih calon presiden dan wakilnya," beber Mahfud.


(DEN)