Harga Sapi Kurban di Kendal Mencapai Rp28 Juta

Iswahyudi    •    Senin, 14 Aug 2017 17:38 WIB
idul adha
Harga Sapi Kurban di Kendal Mencapai Rp28 Juta
Penjual sapi kurban di Desa Lanji, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Harga sapi kurban di Kendal, Jawa Tengah, mencapai Rp28 juta per ekor. Sapi yang dibanderol puluhan juta tersebut diklaim berkualitas super.

"Karena mahal, saya tidak berani stok banyak. Saat ini, hanya menyediakan 24 ekor sapi. Padahal, tahun lalu saya menyediakan 40 ekor sapi," kata Sulaiman, pennjual sapi di Desa Lanji, Patebon, Kendal, Senin 14 Agustus 2017.

Sulaiman menjelaskan, dirinya menyediakan berbagai jenis sapi kurban. Sapi dengan berat lebih dari 200 kilogram dihargai Rp19 juta per ekor.

"Untuk sapi usia dua tahun tapi agak kurus, dijual Rp 25 juta per ekor," lanjut Sulaiman.

Harga yang ditawarkan Sulaiman itu naik Rp2 juta dibandingkan jelang Iduladha tahun lalu. Kenaikan harga sapi diduga disebabkan harga pakan ternak yang juga mengalami kenaikan.

"Saat ini, harga pakan sapi sedang mahal. Sehingga, berdampak pada penjualan sapi," terang dia.

Samiyo Puspito, seorang pembeli sapi, mengaku tidak keberatan dengan kenaikan harga sapi. Asal, ia mendapatkan sapi dengan kualitas bagus.

"Kami beli sapi kurban harus memenuhi syarat, seperti tidak cacat fisik dan harus sudah ganti gigi. Artinya, usianya sudah di atas satu setengah tahun," kata Samiyo.

Dengan harga sapi saat ini, lanjut Samiyo, setiap anggota rombongan kurban membayar Rp2,8 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya operasional dan ongkos potong.


(NIN)