Masih Banyak ATM di Solo yang Beroperasi

Pythag Kurniati    •    Selasa, 29 Aug 2017 11:49 WIB
gangguan atm
Masih Banyak ATM di Solo yang Beroperasi
Atm BCA di sebuah minimarket di Yogyakarta mengalami gangguan, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Solo: Gangguan koneksi mengakibatkan 196 mesin ATM di Solo dan sekitarnya, Jawa Tengah, tak beroperasi. Namun warga tak perlu khawatir sebab sebagian besar mesin ATM masih berfungsi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Solo, Bandoe Widiarto, mengatakan sebanyak 1.376 mesin tersebar di beberapa lokasi. Solo dan sekitarnya juga terkena dampak dari gangguan satelit Telkom terhadap operasional mesin ATM.

"Tapi hanya 14,24 persen yang mengalami gangguan," kata Bandoe di Solo, Selasa 29 Agustus 2017.

Gangguan itu terjadi pada ATM Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI. Saat ini, ujar Bandoe, teknisi perbankan tengah mengupayakan perbaikan. Teknisi mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit lainnya.

Ia mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap tenang. Masyarakat, lanjutnya, dapat menarik uang tunai, melakukan pembayaran, transfer dan bertransaksi pada ATM-ATM online atau melalui kantor bank terdekat.

Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai masyarakat di wilayah Kota Solo dan sekitarnya, Bank Indonesia Solo mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan. “Baik dari segi jumlah maupun jenis pecahan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata dia

Bank Indonesia pun terus melakukan pemantauan perkembangan pemulihan gangguan serta berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait. “Kami harapkan secepatnya bisa pulih,” jelas dia.

Jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact centre masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Centre 131. Untuk wilayah Kota Solo dan kabupaten sekitarnya dapat menghubungi nomor (0271) 647755 ext. 8360 atau 8366.


(RRN)