Puluhan Delegasi Negara Asean Mengunjungi Gunungkidul

Antara    •    Jumat, 14 Jul 2017 10:44 WIB
aset pnpm
Puluhan Delegasi Negara Asean Mengunjungi Gunungkidul
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Sebanyak 60 delegasi dari negara-negara Asean mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam rangka `Asean Workshop on Social Protection Through Community-Driven Development Platforms`. Mereka hendak mempelajari pengembangan program pembangunan berbasis masyarakat di Gunungkidul.

"Senang sekali, kunjungan seperti ini juga promosi keluar negeri efek dari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri dan digulirkannya dana desa," kata Bupati Gunung Kidul Badingah, Jumat 14 Juli 2017.

Menurut Badingah, Gunung Kidul sudah berhasil membangun desa secara mandiri. Dana PNPM Mandiri dan dana desa mampu mengembangkan potensi desa, seperti Gunung Api Purba Nglanggeran yang terus berkembang.

"Keuntungan PNPM Mandiri luar biasa, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk pendidikan, kesehatan, dan ekonomi," katanya.

Badingah mengatakan, kunjungan delegasi Asean juga untuk mengamati dan mempelajari bagaimana pembangunan berbasis masyarakat diterapkan. Setelah mempelajari itu semua, diharapkan para delegasi dapat menerapkannya di negara mereka masing-masing.

"Desa bisa mengembangkan potensinya, seperti pariwisata. Dan mereka akan mengimplementasikan di negaranya," harapnya.

Selain itu, Badingah juga berharap akan ada timbal balik berupa kemanfaatan pengetahuan yang didapatkan dari masyarakat. "Kami berharap masyarakat Gunungkidul juga bisa belajar dari mereka, sehingga ada simbiosis mutualisme atau hubungan saling menguntungkan," pungkasnya.


(NIN)