Atraksi Jupiter Aerobatik Sambut Mahasiswa Baru UGM

Patricia Vicka    •    Senin, 07 Aug 2017 17:27 WIB
pendidikan
Atraksi Jupiter Aerobatik Sambut Mahasiswa Baru UGM
Atraksi tim Jupiter Aerobatik TNI AU meriahkan pembukaan PPSBM UGM, Senin (7/8/2017). (Foto: Dok. Humas UGM)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kemeriahan dan decak kagum tampak dalam upacara pembukaan Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSBM) Universitas Gadjah Mada. Sebanyak 8.322 mahasiswa baru yang berkumpul di Lapangan Grha Sabha Pramana terpukau menyaksikan enam KT-1B Wong Bee milik tim Jupiter Aerobatik bermanuver di langit Yogyakarta.

Selama sekitar 20 menit, enam pesawat Wong Bee ini berputar, dan berakrobat membentuk beragam formasi. Mulai dari solo spin, loop, cross over break, jupiter roll, dive bomb burst atau heart formation. Sebelum tim Jupiter beraksi, ada pula aksi 50 terjun payung dari pasukan TNI dan Menwa UGM juga turut menyemarakkan pembukaan PPSBM 2017 ini.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan tahun ini, UGM menerima 6.128 mahasiswa baru program sarjana serta 2.194 mahasiswa baru program diploma. Sekitar 27 persen atau sekitar 2.213 di antaranya berasal dari keluarga kurang mampu. 

"Ke-8.322 mahasiswa diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, program beasiswa santri berprestasi, serta program afirmasi pendidikan tinggi, afirmasi pendidikan menengah dan 3T yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi," ujar Panut dalam kata sambutan di lapangan GSP, Senin 7 Agustus 2017.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Sekretaris Negara Pratikno meminta mahasiswa baru UGM untuk mengusahakan yang terbaik bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan bangsa.

“Banyak perusahaan-perusahaan luar yang bisa membuat teknologi yang canggih, tapi saya yakin saudara akan membuat yang lebih canggih. Kalian berkewajiban untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbakti pada ibu pertiwi,” papar Pratikno.

Sutarmi, 65, orangtua dari siswa kurang mampu terharu putri bungsunya, Vera Juniati, berhasil diterima kuliah di Jurusan Kimia UGM tanpa tes. Sang putri mendapatkan beasiswa Bidikmisi bagi anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu. Dengan beasiswa itu Vera dibebaskan dari berbagai biaya kuliah hingga delapan semester ke depan.


(SAN)