Besok, Bayi Tanpa Anus Dioperasi

Rhobi Shani    •    Selasa, 18 Jul 2017 17:23 WIB
kelainan bayi
Besok, Bayi Tanpa Anus Dioperasi
Salah satu jurnalis mewakili pewarta Jepara, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2017). (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Bayi lahir tanpa anus, Jihan Novitasari, besok akan menjani operasi pembuatan saluran anus. Operasi dilakukan empat dokter spesialis dipimin dokter spesialis bedah anak, dr Edwin Bsyar.

"Hari ini sudah didaftarkan (operasi) tinggal menunggu kepastian dokter penanggung jawab utama, yaitu dokter Edwin," ujar staf Humas RSUP dr Kariadi Semarang, Pranata, Selasa, 18 Juli 2017.

Baca: Bayi Asal Jepara Lahir Tanpa Lubang Anus

Sejak dirawat di RSUP dr Kariadi pada 8 Juli 2017, Pranata bilang, hingga saat ini anak pertama pasangan Not Sholeh dengan Risna Listyaningrum masih dirawat di ruang Perawatan Bayi Berisiko Tinggi.

"Maaf tidak boleh masuk, yang boleh hanya ibunya," kata Pranata.

Pranata menyebutkan, Jihan mengalami cacat bawaan berupa satu kakinya berukuran kecil. Selain itu, saluran anus dan kelamin menyambung jadi satu.

Setelah kondisi Jihan diberitakan, bantuan datang berbagai kalangan. Termasuk dari pewarta yang bertugas di Jepara. Hari ini, bersama pihak yang empati terhadap keluarga Not Sholeh, perwakilan pewarta Jepara dan KPP Pratama datang ke RSUP Kariadi menyerahkan bantuan.

"Mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban keluarga. Ini uang hasil sumbangan dari teman-teman KPP Jepara," ujar Kepala KPP Jepara Enddaryono.

Rasa empati juga datang dari kalangan partai. Sholeh menceritakan, sejak anaknya lahir cacat hingga mendapat perawatan, dia mengaku banyak dibantu bidang Bantuan Hukum Partai NasDem.

"Saya dan keluarga mengucapkan banyak terima kasih. Memang biaya pengobatan gratis, tapi untuk kebutuhan yang masih ditanggung sendiri sementara saya sudah tidak bisa bekerja karena harus menunggui anak. Sekali lagi saya terimakasih kepada semua pihak atas bantuannya," kata Sholeh.


(SAN)