Libur Iduladha, Penumpang KA Membeludak

Liliek Dharmawan    •    Jumat, 01 Sep 2017 20:53 WIB
kereta apiiduladha 2017
Libur Iduladha, Penumpang KA Membeludak
Ilustrasi enumpang Kereta Api -- Foto: Antara/ Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Purwokerto: Penumpang kereta api (KA) yang masuk ke stasiun-stasiun di Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Jawa Tengah, membeludak pada lebaran Iduladha tahun ini. Jumlah penumpang naik 36 persen jika dibandingkan dengan masa lebaran Iduladha tahun lalu.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penumpang yang turun di seluruh stasiun Daop 5 Purwokerto sebanyak 16 ribu lebih atau naik 36 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang 12 ribu penumpang lebih.

"Demikian juga untuk penumpang yang naik dari Daop 5 juga melonjak. Penumpang yang naik sebanyak 11 ribu lebih atau naik 32 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 8 ribu lebih," jelas Ixfan di Purwokerto, Jumat 1 September 2017.

Menurutnya, Daop 5 telah menambah gerbong penumpang pada saat libur Iduladha 1438 Hijriah atau 2017. Pasalnya, Iduladha jatuh pada akhir pekan sehingga jumlah penumpang membeludak. Ada dua KA dari Daop 5 Purwokerto yakni KA Kutojaya jurusan Pasar Senen-Kutoarjo PP dan KA Purwojaya jurusan Jakarta Gambir-Cilacap ditambah gerbong penumpangnya.

"Jika dalam kondisi normal, jumlah gerbong penumpang KA Kutojaya Utara sebanyak delapan gerbong, kini ditambah satu gerbong menjadi sembilan gerbong penumpang. Demikian juga untuk KA Purwojaya," ¬Ějelasnya.

 


(Des)