Korban Bom Surabaya Berwasiat Dimakamkan di Solo

Pythag Kurniati    •    Selasa, 15 May 2018 11:45 WIB
Teror Bom di Surabaya
Korban Bom Surabaya Berwasiat Dimakamkan di Solo
Sri, 66, semasa hidup (baju biru hitam). (Dokumentasi keluarga)

Solo: Sri Puji Astuti, 66, menjadi salah satu korban tewas pengebomam Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, Jalan Arjuno, Surabaya, Jawa Timur. Keluarga korban menuturkan, sebelum peristiwa pengeboman korban sempat memberi pesan perihal kematian.

"Terakhir komunikasi 10 Mei 2018. Waktu itu, dia memberikan pesan kepada kami, seperti sebuah firasat," ungkap Nuryani, keponakan korban, Selasa, 15 Mei 2018.

Kepada keluarga, Sri minta jika meninggal ingin dimakamkan di Solo, Jawa Tengah. Sri memang lahir di Solo. Namun sejak usia 20 tahun, dirinya merantau ke Surabaya.

"Beliau bilang, kalau aku mati, digowo ning Solo (dibawa ke Solo) untuk dimakamkan di Solo," jelas Nuryani.

Tak hanya itu, korban pun sempat berencana akan mengunjungi kampung halamannya di Solo pada akhir bulan ini. "Katanya tanggal 30 Mei ini mau pulang Solo," imbuhnya.

Nuryani menuturkan, Sri meninggal setelah sempat dilarikan ke rumah sakit dengan luka bakar di sekujur tubuhnya. Saat ledakan bom terjadi pada Minggu, 13 Mei 2018, Sri tengah duduk santai di depan gereja.

"Lagi duduk-duduk sama temannya di depan. Kemudian teroris datang. Diadang oleh petugas lalu bom meledak," beber dia.

Nuryani mengaku, keluarga di Solo mendapatkan kabar sesaat setelah kejadian pengeboman. Dirinya pun langsung bertolak menuju Surabaya saat itu juga.

Namun sayangnya, ketika sampai di Mojokerto, Nuryani kembali mendapatkan kabar bahwa adik ibunya tersebut telah meninggal dunia. 

Sedih dan sesak saat mengetahui anggota keluarganya menjadi korban bom. Kepada wartawan, Nuryani mengaku sangat menyayangkan peristiwa yang merenggut banyak nyawa itu.

"Mereka baru beribadat, istilahnya salah apa, kok tahu-tahu begitu," ungkapnya pilu.

Jenazah Sri saat ini tengah dibawa dari Surabaya menuju Kota Solo. Rencananya, sesampainya di Solo, jenazah akan dimakamkan di TPU Bonoloyo, Banjarsari, Solo.


(LDS)