Polda DIY Siapkan Pengamanan Obor Asian Games

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 13 Jul 2018 08:28 WIB
asian games 2018
Polda DIY Siapkan Pengamanan Obor Asian Games
Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan pengamanan jelang kedatangan obor Asian Games. Obor yang apinya diambil dari India ini direncanakan tiba di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada 17 Juli 2018.

"Polda DIY menyiapkan pengamanan semaksimal mungkin bareng TNI dan masyarakat. (Obor) nanti akan disatukan apinya dengan api di Merapen," ujar Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto di Yogyakarta pada Kamis, 12 Juli 2018.

Sistem pengamanan obor yang akan singgah di Yogyakarta ini sedang dibahas. Pihak kepolisian akan menyiapkan pengamanan di berbagai titik yang akan dilintasi obor.

"Yogyakarta ini kan jadi tempat pawai obor Asian Games. Rute-rute dan titik-titiknya yang dilewati sedang dikoordinasi dengan panitia," ucapnya.

Baca: Kirab Obor Asian Games akan Lewati 53 Kota di Indonesia

Kepolisian juga menyiagakan satuan tugas (Satgas) kejahatan jalanan agar agenda Asian Games 2018 bisa berjalan berlangsung dengan aman. Sejumlah kejahatan jalanan yang bisa saja terjadi di antaranya begal hingga copet.

Menurut dia, kejahatan jalanan seperti begal dan copet yang tak berkaitan dengan pesta olahraga ini harus dihilangkan. Partisipan Asian Games, mulai dari pemain hingga penonton tidak boleh terganggu aksi kejahatan.

"Satgas kejahatan jalanan inginkan bentukan Mabes Polri, agar Asian Games bisa berjalan tanpa gangguan apapun. Satu wilayah ada peristiwa (kejahatan) akan mempengaruhi Asian Games," kata dia.

Ia menambahkan, aksi terorisme bisa saja menjadi salah satu ancaman. "Aksi terorisme ini semaksimal mungkin ditiadakan," ungkapnya.

Baca: Antisipasi Bandit Jalanan Jelang Asian Games

 


(SUR)