Komunitas Fotografer di Solo Galang Dana untuk Korban Banjir Bandang Garut

Pythag Kurniati    •    Minggu, 25 Sep 2016 13:22 WIB
banjir bandang garut
Komunitas Fotografer di Solo Galang Dana untuk Korban Banjir Bandang Garut
Aksi komunitas fotografer Solo24Hours dalam kegiatan Postcard for Garut (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Fotografi tak hanya sebagai hobi tapi juga dapat membantu menggerakkan masyarakat untuk berempati. Seperti yang dilakukan komunitas Solo24Hours yang beranggotakan pecinta fotografi di Solo, Jawa Tengah.

Seorang fotografer sekaligus pewarta foto Maulana Surya Utama mencetak sembilan foto terbaiknya dalam satu tahun menjadi 540 lembar kartu pos. Kartu-kartu itu ia jual seharga Rp5 ribu per lembar saat hari bebas kendaraan bermotor di Kota Solo.

"Hasil penjualan postcard seluruhnya akan diperuntukkan membantu kawan-kawan kita yang terkena musibah banjir bandang di Garut," kata Maulana Surya utama, Minggu (25/9/2016

Maulana mengatakan, hasil penjualan kartu pos itu akan diserahkan ke perwakilan jurnalis di Garut, Jawa Barat. Nantinya, mereka akan menyalurkan ke korban banjir bandang.

"Foto ternyata bisa menjadi media kreatif mengajak masyarakat peduli terhadap sesama," kata dia.

Maulana berharap pemerintah setempat segera membantu korban bencana di Garut. "Kami juga berdoa agar kawan-kawan di Garut selalu diberi kekuatan untuk melalui musibah ini," imbuh dia.

Seorang pengunjung Solo Car Free Day Adi mengapresiasi kegiatan penjualan kartu pos untuk korban bencana di Garut itu. "Hobi ini tidak hanya sekadar hobi namun bisa dimanfaatkan untuk membantu sesama," kata Adi.

Seperti diketahui, banjir bandang menerjang Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Selasa (20/09/2016) malam. Setidaknya 27 jiwa tewas, 22 orang hilang, 32 orang luka-luka dan 433 orang mengungsi.

Sedangkan 154 unit rumah rusak berat dan 347 rumah hanyut diterjang banjir bandang. BNPB merilis, salah satu penyebab banjir bandang di Garut adalah karena buruknya pengelolaan Daerah Aliran Sungai Cimanuk.


(TTD)