Berkas Petahana Kulon Progo Belum Lengkap

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 20 Sep 2016 13:00 WIB
pilkada serentak
Berkas Petahana Kulon Progo Belum Lengkap
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Kulon Progo: Meski telah memastikan diri sebagai bakal pasangan calon, petahana Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo belum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini mengaku masih melengkapi berkas pendaftaran.

"Kita mengikuti ketentuan KPU. Berkas-berkas akan kita lengkapi dan siapkan," kata Hasto saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (20/9/2016).

KPU membuka pendaftaran calon kepala daerah mulai besok, Rabu, 21-23 September. Pembukaan pendaftaran dilakukan serempak secara nasional bagi daerah yang akan menggelar Pilkada 2017.

Di ajang pesta demokrasi itu, Hasto bakal berpasangan dengan Sutejo. Dia mengaku bakal mendaftar pada hari terahir, Jumat (23/9/2016). Soal ini, dia mengklaim telah membahasnya dengan partai dan mitra koalisi.

Hasto mengatakan, banyak dokumen yang harus disesuaikan dengan pasangannya. Kendati demikian, ia memastikan berkas-berkas itu bakal rampung sebelum pihaknya melakukan pendaftaran ke KPU Kulon Progo.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kulon Progo, Istono mengatakan rekomendasi dari DPP untuk pasangan yang diusung partainya sudah turun dua bulan lalu. Menurut dia, persyaratan KPU untuk mengusung calon kepala daerah telah dilewati secara keseluruhan.

"Tinggal mendaftarkan (calon) hari Jumat (23 September). Semua aturan (KPU) sudah kita lewati," kata dia.

Di Kulon Progo, PDI Perjuangan menjalin koalisi dengan banyak partai politik. Partai yang memenangi Pemilu 2014 ini berkoalisi dengan PAN, PKS, PPP, Hanura, Nasdem, dan Golkar. Istono menyebut para pengurus partai itu telah resmi bergabung mendukung Hasto-Sutedjo.

"Soal koalisi, tinggal menunggu dari KPU, apakah ada kekurangan persyaratan yang harus dipenuhi partai," ucapnya.


(SAN)