Warga Rela Antre Lama Demi Elpiji 3 Kg nan Langka

Patricia Vicka    •    Selasa, 12 Sep 2017 16:21 WIB
kelangkaan elpiji
Warga Rela Antre Lama Demi Elpiji 3 Kg nan Langka
Warga yang rela mengantre berjam-jam demi mendapat elpiji 3 Kg. Foto: MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah warga Yogyakarta tampak memenuhi salah satu pangkalan gas Elpiji di Jalan Kyai Mojo, Jetis, Yogyakarta. Mereka rela mengantre sejak pagi untuk membeli gas Elpiji ukuran 3 Kg yang mulai langka.

Sekitar pukul 08.00 WIB, mobil pengantar gas tiba di pangkalan. Pegawai pangkalan segera memanggil nama warga satu persatu untuk menukar tabung gas. Warga yang sudah biasa membeli di pangkalan tersebut diprioritaskan.

"Kami utamakan pelanggan kami dulu. Baru sesudah itu boleh yang lain," tutur salah seorang karyawan Pangkalan gas Parijo di Yogyakarta, Selasa 12 September 2017.

Tiap orang dibatasi hanya boleh menukarkan satu tabung gas. Kecuali pengecer yang boleh membeli lebih dari satu tabung.

Warga yang belum dapat jatah terpaksa menunggu kedatangan gas elpiji gelombang dua. Sekitar pukul 09.30 WIB, mobil pembawa gas Elpiji di Pangkalan.  Nama para pengecer langganan dipanggil satu persatu.


Kasmirah yang rela mengantre berjam-jam demi mendapat elpiji 3 Kg. Foto: MTVN/Patricia Vicka

Salah seorang warga yang mengantre, Kasmirah, mengatakan elpiji 3 Kg sudah sulit didapat. Dia bahkan sudah berkeliling kampung untuk mendapatkan elpiji bersubsidi ini.

Namun dia tak berhasil menemukan elpiji 3 Kg. "Mau masak susah. Kalaupun ada harganya Rp24ribu-Rp25ribu perbuah," ujar wanita yang tinggal di Taman Sari Kota Yogyakarta ini.

Akhirnya ia mendapatkan informasi bisa membeli gas di pangkalan ini.

Parijo mengakui pembelian gas di tempatnya meninggkat drastis beberapa hari belakangan. Warga di luar Yogyakarta turut menyerbu pangkalannya.

Dia pun tak membantah bila pasokan gas berkurang. Buktinya, jumlah jatah gas elpiji 3 Kg yang dikirim ke pangkalan tak seperti dulu.

"Setiap hari kami menerima 200-300 tabung gas dalam dua gelombang. Itu jumlahnya sudah berkurang banyak dibanding dulu. Begitu datang enggak beberapa lama langsung habis," katanya.

Keberadaan tabung gas elpiji 3 KG memang sangat dinanti warga. Elpiji 3 Kg memang sempat langka di pasaran sejak Iduladha.


(SUR)