Dua Hektare Hutan Pinus di Brebes Terbakar

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 12 Sep 2017 10:43 WIB
lingkungankebakaran hutan
Dua Hektare Hutan Pinus di Brebes Terbakar
Ilustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi

Metrotvnews.com, Brebes: Hutan pinus seluas dua hektare terbakar di Gunung Cilinduk, Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Senin malam, 11 September 2017. Diduga kebakaran terjadi akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Saya menduga kebakaran ditimbulkan akibat ulah manusia dengan membuang puntung rokok sembarangan," kata Kapolsek Bantarkawung, AKP Misyanto, saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa 12 September 2017.
 

Kebakaran diketahui pertama kali seorang mandor Perhutani, A Faozi. Dari halaman rumah, ia melihat asap mengepul dari hutan pinus Gunung Cilinduk. Api membakar dedaunan dan ranting kering. Hembusan angin yang kencang membuat kobaran api semakin liar.

“Ia kemudian melaporkannya ke Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Jipang dan Polsek Bantarkawung,” lanjut Misyanto.

Personel Polsek dan Koramil Bantarkawung bersama LMDH Desa Jipang dan Sindangwangi dibantu masyarakat setempat berjibaku agar api tidak meluas. Kurang lebih 50 orang terjun untuk melokalisir dan menyiram lahan yang terbakar.

“Setelah selama lebih dari satu jam, sekitar pukul 20.00 WIB, api berhasil dipadamkan," pungkasnya.

Pada musim kemarau, alas rentan terbakar. Baik ditimbulkan gesekan ranting dan daun yang kering, atau karena ulah manusia. Karena ia mengajak warga untuk tidak membakar sampah maupun membuang puntung rokok secara sembarangan.

“Perlunya kesadaran yang tinggi pada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan hutan," tandasnya.


(SUR)