Klarifikasi Yayasan soal Konflik di Sekolah Bhinneka

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 18 Jul 2017 17:49 WIB
pendidikan
Klarifikasi Yayasan soal Konflik di Sekolah Bhinneka
Dewan Pembina Yayasan Bhinneka Tunggal Ika, Mustofa. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pengurus Yayasan Bhinneka Tunggal Ika menjelaskan konflik di sekolah Bhinneka Tunggal Ika akibat penolakan sekelompok guru terhadap kebijakan pengurus yayasan. Hal ini berujung pada berpindahkan kegiatan belajar mengajar ke rumah salah satu kerabat Keraton Yogyakarta.

Baca: Murid Sekolah Bhineka Tunggal Ika Telantar karena Konflik Yayasan

Dewan Pembina Yayasan Bhinneka Tunggal Ika, Mustofa, mengatakan, pengurus yayasan telah melakukan pergantian manajer beberapa bulan lalu. Pergantian dikarenakan pejabat sebelumnya tak bisa membuat sekolah berkembang dan jumlah siswa tidak bertambah. 

"Kemelut ini karena tidak adanya kelompok guru yang bersatu dengan orang di posisi baru. Satunya tidak sepakat dan memilih aksi seperti boikot," kata Mustofa ditemui Metrotvnews.com di kawasan Gowongan Lor, Kota Yogyakarta pada Selasa, 18 Juli 2017. 
 
Mustofa mengaku tak tahu persis pergantian jabatan itu dilakukan terbuka atau tidak. Namun, ia berpendapat penggantian jabatan bisa dilakukan sesuai kewenangan atasan. 

"Tapi pendapat saya, jabatan itu kan tidak ada yang abadi to," ujar alumnus sekolah Bhinneka tahun 1977 ini. 

Mustofa mengutarakan, keputusan mengganti kunci kelas bukan bertujuan agar siswa dan guru tak bisa masuk. Melainkan untuk perbaikan. Menurut dia, pihak yayasan sudah mencoba mengundang kelompok guru tersebut agar bisa bertatap muka dan membahas mengenai masalah yang terjadi. 

"Tapi kelompok ini tidak pernah datang. Persoalan kunci bukan tujuannya agar tak bisa masuk kelas. Malah kami khawatir kalau siswa pindah ke sekolah lain. Ini cerita versi sebenarnya," ujarnya. 

Baca: Wali Murid Sekolah Bhinneka Bertahan karena Kualitas Pengajaran

Ia mengaku sudah memberikan masukan pengurus yayasan supaya mengajak wali murid agar anaknya kembali belajar di gedung sekolah Bhinneka. Bagi guru, lanjutnya, masih tetap diterima dengan tangan terbuka. 

Pantauan Metrotvnews.com, suasana gedung sekolah Bhinneka di Jalan Kranggan Nomor 11A terlihat lengang. Hanya terdapat seorang karyawan yang berjaga. Di dalam gedung, terlihat sejumlah pekerja sedang melakukan perbaikan. 


(SAN)