Polri Persilakan Korban First Travel Ambil Paspor

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 25 Aug 2017 17:27 WIB
kemelut first travel
Polri Persilakan Korban First Travel Ambil Paspor
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Sleman: Penyidik mengembalikan paspor milik warga yang menjadi korban kasus penipuan yang dilakukan petinggi agen umrah First Travel. Polri mempersilakan masyarakat untuk mengambil paspor.

"Bagi (korban First Travel) yang ingin mengambil (paspor) silakan," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto Setyo, di sebuah hotel di Sleman, DI Yogyakarta, Jumat 25 Agustus 2017.

Menurut Setyo, penyidik menyita 14 ribu paspor untuk mengungkap kasus penipuan First Travel. Beberapa paspor masih digunakan penyidik untuk pembuktikan kejahatan atau predicate crime.

Selain penipuan, penyidik juga menelusuri dugaan pencucian uang yang dilakukan suami istri penyedia jasa umrah First Travel, Andika Surachman-Anniesa Desvitasari Hasibuan. Diduga, keduanya menggunakan uang calon peserta umrah untuk membeli sebuah restoran di London, Inggris.

Baca: Pemilik First Travel Ditangkap

"Predicate crime diungkap dulu, baru diungkap yang lain. Ada 14 ribu paspor yang harus diteliti, ada beberapa yang mulai dikembalikan," katanya. 

Ia menambahkan, polisi juga sudah menyita berbagai aset milik pemilik bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, termasuk rumah mewah. Meski demikian, ia belum mengetahui berapa nilai jumlah aset yang disita. 

"Semua aset sudah disita. Belum bisa memastikan nilainya," ucapnya. 

Lihat video:
 


(RRN)