Tiap Pagi dan Malam, Lagu Kebangsaan Berkumandang di Desa-desa di Kendal

Iswahyudi    •    Kamis, 17 Aug 2017 15:39 WIB
hut ri
Tiap Pagi dan Malam, Lagu Kebangsaan Berkumandang di Desa-desa di Kendal
Perangkat yang dipasang untuk memutar lagu-lagu kebangsaan di tiap desa di Kabupaten Kendal, Jateng. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Bupati Kendal Mirna Annisa meluncurkan program Gema Kebangsaan. Program ini mewajibkan seluruh desa memutar lagu-lagu kebangsaan melalui pengeras suara. Lagu-lagu itu bisa diunduh melalui aplikasi yang telah disiapkan pemkab setempat.

"Di seluruh desa nanti akan terdengar lagu Kabangsaan Indonesia Raya pada jam 06.00 WIB dan lagu nasional lain di setiap pukul 21.00 WIB," kata Mirna, usai meluncurkan program tersebut seusainya mengkuti upacara HUT ke-72 RI di Alun-alun Kendal,  Kamis, 17 Agustus 2017.

Mirna sudah menginstruksikan jajarannya hingga tingkat desa untuk bisa mengakses lagu kebangsaan tersebut. Lagu wajib diperdengarkan dari kantor balai desa. Pemkab telah menyediakan alat beserta pengeras suara. Alat tersebut akan memutar lagu-lagu kebangsaan secara otomatis.

"Kami sudah ada di 266 desa dan 20 kelurahan. Lagu akan otomatis berputar pada jam-jam tertentu," katanya.

Ardian salah satu tim pembuat aplilasi yang diberi nama  Kendal Gema Kebangaan menjelaskan, aplikasi ini bisa diunduh melalui Android. Pihaknya berharap ini bisa menjadi program nasional dan bermula dari Kabupaten Kendal. 

"Harapanya seluruh masyarakat bisa mengenal lagu kebangsaan dan lagu nasional untuk menumbuhkan rasa patriotisme," kata  Ardian.

Tiap desa sudah dipersiapkan perangkat untuk menggemakan suara lagu tersebut. Perkakas Android tinggal dihubungkan ke perangkat yang telah dipasang di tiang penerangan jalan umum.


(SAN)