19 Tahun Absen, Adipura Mampir di Kabupaten Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 04 Aug 2017 10:12 WIB
adipura
19 Tahun Absen, Adipura Mampir di Kabupaten Pekalongan
Presiden Jokowi memberi ucapan selamat pada Bupati Asip Kholbihi saat menerima piala adipura di Jakarta. (Metrotvnews.com/dok Pemkab Pekalongan)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Untuk pertama sejak tahun 1998, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah meraih piala Adipura kategori kota kecil tahun 2017. Penghargaan diberikan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, diterima langsung oleh Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, di Jakarta, kemarin.

"Adipura ini juga medapat apresiasi dari Presiden Jokowi," kata Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi di kantornya, Jumat, 4 Agustus 2017.
 
Asip berharap penghargaan ini dapat memotivasi dalam menata lingkungan lebih bersih dan lestari. Dia juga akan memperbaiki manajemen pengelolaan sampah di wilayahnya. 
 
“Ini kerja keras kita semua. Ini penghargaan milik warga Pekalongan. Insyaallah kita akan kejar target untuk menjadi penerima Adipura Kencana,” ujarnya.
 
Melalui program Adipura, Pemerintah Daerah diharapkan mampu mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup yaitu pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau berbasis manfaat ekonomi. 
 
Selanjutnya pengendalian terhadap pencemaran air, udara, dampak perubahan iklim, dan kerusakan akibat pertambangan. Selain itu juga pengendalian pada kebakaran hutan dan lahan, serta  penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.
(SAN)