Pembunuh Anggota TNI Jalani Reka Ulang di Rel Kereta

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 20 Oct 2015 17:34 WIB
pembunuhan pasutri
Pembunuh Anggota TNI Jalani Reka Ulang di Rel Kereta
Adegan rekonstruksi saat Teguh Purnomo membunuh Joko Pranyoto. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Polres Brebes merekonstruksi pembunuhan yang dilakukan tersangka Teguh Purnomo, 40, warga Desa Kedungneng, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terhadap Joko Pranyoto, 50, seorang anggota TNI dari Koramil Losari, Cirebon, Jawa Barat.

Baca: Usai Duel, Anggota TNI Tewas Ditabrakkan ke Kereta Api

Dari reka ulang, diketahui mereka berduel di samping rel kereta api. Pelaku lebih dulu mencekik korban di atas rel sebelum kereta melindas korban. 

“Pelaku awalnya menghubungi korban ke TKP, dan setelah berbicara sesaat korban langsung melepas jaket dan baju kemudian mengajak berduel," kata Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Fadli, Selasa (20/10/2015).

Untuk keamanan, proses reka ulang tidak dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP) melainkan di jalur rel kereta api seputar jembatan kali Pemali, Brebes.

Baca: Kisah Perselingkuhan Pembunuh Anggota TNI

Selain tersangka, rekonstruksi dihadiri Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol Arh Aliyatin Mahmudi dan beberapa anggotanya. Ada 14 adegan reka ulang yang diperagakan tersangka hingga menyebabkan korban tewas.

Jasad Joko Pranyoto yang sehari-hari berdinas di Koramil Losari, Cirebon ditemukan warga setempat di jalur rel lintasan kereta api KM 187+4 dalam posisi telentang, tidak mengenakan baju.

Baca: Ini Awal Terungkapnya Pembunuhan Anggota TNI

Awalnya Joko dikira korban akibat tersambar kereta. Namun, hasil penyelidikan, anggota TNI berpangkat Sersan Mayor itu ternyata tewas setelah ditabrakkan ke kereta api oleh tersangka Teguh Purnomo, yang juga desersi TNI.


(SAN)