Gubernur Jateng Marahi Anak Buah di Pinggir Jalan

Deo Dwi Fajar Hari    •    Rabu, 12 Oct 2016 19:16 WIB
jalan rusak
Gubernur Jateng Marahi Anak Buah di Pinggir Jalan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dua dari kanan) memarahi jajarannya lantaran menemui jalan berlubang di Dusun Buratan, Desa Kesenet, Kecamatan Banjarmangu. (Metrotvnews.com/Deo Dwi)

Metrotvnews.com, Banjarnegara: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan laju kendaraannya di sela-sela kunjungan kerja ke Banjarnegara, Rabu 12 Oktober. 

Rupanya, Ganjar menemukan jalan provinsi berlubang di Dusun Buratan, Desa Kesenet, Kecamatan Banjarmangu. Ganjar memanggil Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Wonosobo, Dinas Bina Marga Provinsi Jateng, Soehardjito yang kebetulan ikut dalam rombongan.

Ia menanyakan mengapa jalan dibiarkan berlubang tanpa ditambal. Soehardjito gelagapan. Ia berusaha melempar kesalahan ke pihak pengamat jalan yang tidak melaporkan kondisi ini.

Koordinator Pengamat Jalan BPT Wonosobo Sudarman yang juga ikut dalam rombongan juga dipanggil. Ganjar meminta Sudarman menelepon Suripto, petugas pengamat jalan wilayah tersebut.

Dari Suripto, Ganjar mendengar bahwa jalan berlubang itu sudah dilaporkan sejak dua minggu lalu. Namun, laporan hanya sebatas lisan. Sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

Usai menelepon Suripto, Ganjar pun sontak marah pada Sudarman dan Soehardjito. "Mas, sudah dua minggu lho. Piye kerja kok kayak gini. Iki guyon kabeh, kalian menyepelekan saya. Dulu janjinya empat hari selesai. Sampeyan dibayar negara lho, ora dolanan," katanya.

"Tak peringatkan dengan keras sekarang. Saya enggak mau begini. Ojo ngisin-ngisinke aku," tegasnya.

Sudarman sempat berkilah bahwa penambalan jalan sudah direncanakan. Namun menunggu alat dari Kebumen yang saat itu sedang dalam perjalanan. Tapi ketika Ganjar meminta Sudarman menelepon koordinator alat, ternyata tidak terkonfirmasi.

"Aku mengerti akalan-akalan koordinator, ora iso ngapusi aku," kata Ganjar.

Ganjar memerintahkan, hari ini juga jalan harus ditambal. Entah dengan aspal maupun disemen. Selain itu, ia juga memerintahkan untuk memperbaiki sistem yang ada memperpendek birokrasi.

"Mulai besok cara melaporkan harus tertulis. Yang berlobang ini, eksekusi hari ini dan malam ini laporkan ke saya," tegasnya.

Seperti diketahui, Ganjar telah mencanangkan jalan tanpa lubang untuk Jalan Provinsi di Jawa Tengah.


(SAN)