Hari Diabetes Sedunia, Warga Sukoharjo Kampanye Air Putih

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 12 Nov 2016 12:01 WIB
diabetes
Hari Diabetes Sedunia, Warga Sukoharjo Kampanye Air Putih
Aksi mengampanyekan cinta air putih digelar di Sukoharjo dalam rangka menyambut Hari Diabetes Sedunia. Foto-foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Menyambut Hari Diabetes Sedunia pada 14 November, puluhan warga Sukoharjo, Jawa Tengah, menggelar aksi di Bundaran Patung Pandhawa Solo Baru. Mereka menyuarakan peringatan kepada masyarakat dan pengguna jalan mengenai ancaman diabetes.

Sejumlah orang yang tergabung dalam Pemuda Siaga Sehat dan relawan BNN Kabupaten Sukoharjo membawa spanduk bertuliskan 'Mari Cegah, Obati dan Lawan Diabetes', 'Aku Sehat Aku Cinta Air Putih', serta 'Minum Air Putih Kurangi Gula'. Salah satu peserta aksi memakai kostum unik sembari menenteng kendi (tempat menyimpan air dari tanah liat).

Koordinator aksi Danar Agus Widanarko menjelaskan diabetes merupakan penyakit pembunuh nomor tiga di Indonesia. "Dari data Kementerian Kesehatan, diabetes menduduki peringkat tiga setelah stroke dan jantung koroner," ujarnya, Sabtu (12/11/2016).

Salah satu penyebab tingginya angka diabetes, lanjutnya, adalah gaya hidup serta pola makan. "Maka langkah sederhana yang bisa kami lakukan adalah mengganti minuman-minuman manis dan berkarbonasi dengan air putih. Itu ajakan kami," tutur dia.


Kapolsek Grogol ikut memeriahkan lomba meminum air

Diabetes merupakan penyakit yang disebakan tingginya kadar gula darah akibat gangguan pada pankreas dan insulin. Data International Diabetes Federation pada 2015  menyatakan jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan sebanyak 10 juta jiwa.

Dari data Kementerian Kesehatan, besarnya pembiayaan kesehatan akibat diabetes tampak dari klaim BPJS sampai 2015. Diabetes dan komplikasinya merupakan salah satu kelompok klaim terbesar untuk biaya catastrophic JKN, yaitu 33 persen dari total pengeluaran.

"Jadi, Hari Diabetes Sedunia merupakan momentum tepat untuk melakukan upaya edukasi bagi masyarakat," lanjut Danar.

Aksi diwarnai lomba meminum air putih yang diikuti Kapolsek Grogol, perwakilan wartawan, dan perwakilan pelaku usaha. Aksi tersebut ditutup dengan pembagian air mineral dan stiker peringatan bahaya diabetes kepada pengguna jalan yang melintas.


(UWA)