Dua Kecamatan di Kudus Langganan Longsor

Rhobi Shani    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:50 WIB
tanah longsor
Dua Kecamatan di Kudus Langganan Longsor
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Kudus: Kecamatan Gebog dan Kecamatan Dawe di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rawan longsor. Tanah di kecamatan yang berada di lereng gunung Muria ini langganan terban ketika musim hujan.

“Kalau di lereng Muria sudah seperti langganan. Desa-desa itu saja seperti Desa Rahtawu, Menawan, dan Soca,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Bergas C. Penanggunan, Rabu 11 Oktober 2017.

Longsor terjadi karena perubahan struktur tanah. Wilayah lereng gunung Muria dijadikan lahan pertanian jangka pendek seperti sayur-sayuran. Selain mengancam lahan pertanian, longsor juga kerap terjadi di pemukiman.

“Memang bukan di daerah patahan tapi sering terjadi longsor ya, karena itu. Sekarang kami mendorong masyarakat untuk beralih ke pertanian jangka panjang seperti menanam kopi,” beber Bergas.

Meski sudah mulai turun hujan, Bergas menambahkan, sejumlah desa di Kabupaten Kudus masih mengalami krisis air bersih. Droping air bersih masih terus dilakukan. “Droping air masih berjalan ke sejumlah desa,” pungkas Bergas.

 


(SUR)