Semarang Bangun Sirkuit Balap senilai Rp135 Miliar

Mustholih    •    Kamis, 26 Oct 2017 19:22 WIB
semarang
Semarang Bangun Sirkuit Balap senilai Rp135 Miliar
Sirkuit Mijen, Semarang, dilihat dari atas (Dokumentasi: Humas Pemkot Semarang)

Metrotvnews.com, Semarang: Provinsi Jawa Tengah bakal punya sirkuit balap bertaraf nasional. Sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 2,7 kilometer tersebut dibangun di atas lahan seluas 5,1 hektare di pegunungan Mijen, Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyatakan, progres pembangunan Sirkuit Mijen itu sudah mencapai 44 persen. Saat ini, para pekerja sedang mengerukan tanah dan pengurukan lintasan sirkuit. 

"Tahun ini target pembangunan akan merampungkan lintasan balap. Direncanakan awal Desember, pembangunan lintasan sirkuit akan selesai," kata Hendrar Prihadi, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 26 Oktober 2017.

Kawasan di sekeliling sirkuit Mijen sendiri masih dirindangi banyak pepohonan. Sirkuit Mijen selain menjadi arena road race, juga bakal dilengkapi arena gokart, drag race, slalom, dan paddock.

Menurut Hendrar Prihadi, demi membangun sirkuit tersebut, Pemerintah Kota Semarang menggelontorkan anggaran senilai Rp135 miliar. Pembangunan sirkuit tersebut dilakukan multi years dengan target selesai dibangun pada

2018. "Dua tahun anggaran akan selesai tapi perlu tambahan satu tahun untuk penyempurnaan agar jadi indah dan menarik," ujar Hendrar Prihadi.

Saat meninjau di lokasi, Hendrar Prihadi memberi catatan bagi kontraktor untuk mengkoreksi di salah satu tikungan Sirkuit Mijen. Tikungan itu dinilai membahayakan karena hanya berjarak 10 meter dari tebing curam sedalam 20 meter. 

"Saya minta kepada kontraktornya untuk bisa lebih diperpendek. Sehingga ada tempat pengaman cukup lebar untuk para pembalap saat menikung," jelas politikus PDI Perjuangan tersebut.



(ALB)