PKPI, Hanura, dan Partai Idaman tak Lolos di Semarang

Mustholih    •    Rabu, 18 Oct 2017 20:10 WIB
pemilu serentak 2019
PKPI, Hanura, dan Partai Idaman tak Lolos di Semarang
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Partai Bulan Bintang akhirnya melengkapi berkas pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang. PBB yang semula diberi waktu 1x24 jam untuk membuat perbaikan berkas dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Semarang.

"Setelah diberi tenggat waktu 1x24 jam, PBB dinyatakan sudah melengkapi syarat-syarat sebagai peserta Pemilu 2019. Utusan PBB datang ke kantor kami dengan membawa kelengkapan berkas," kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, Rabu 18 Oktober 2017.

Baca: Daftar Peserta Pemilu, PKPI Bawa 4 KTP Kader untuk 1.393 Anggota

Dengan demikian, keseluruhan partai yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 di Semarang berjumlah 14 partai. Partai lain yang lebih dulu dinyatakan lengkap adalah Perindo, PSI, PKS, Partai NasDem, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PPP, PDI Perjuangan, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Berkarya, dan PKB.

Selain PBB, kata Henry, pengurus PKP Indonesia juga datang ke KPU Kota Semarang untuk melengkapi berkas. Namun, setelah diperiksa ulang, PKP Indonesia masih mampu menunjukkan jumlah KTA minimal 1.000 lembar. "Berkas-berkasnya mereka masih kurang. Jadinya enggak lolos dalam tahapan pendaftaran peserta Pemilu. Hal serupa juga terjadi pada Hanura dan Partai Idaman," tegas Henry.

Sebelumnya, PKP Indonesia sempat mengajukan jumlah kader 1.393 (anggota), namun dengan menyertakan empat KTP saja.


(ALB)