Hujan Semalam, Kantor Bupati Kendal Dikepung Banjir

Iswahyudi    •    Senin, 14 Nov 2016 09:46 WIB
banjir
Hujan Semalam, Kantor Bupati Kendal Dikepung Banjir
Kendaraan melintasi genangan air di dalam kompleks kantor Bupati Kendal, Jateng, Senin (14/11/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Intensitas hujan yang tinggi sejak semalam mengakibatkan kompleks Kantor Bupati Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir. Genangan air juga merendam Jalur Pantura sehingga menghambat arus lalu lintas.

Air setinggi 30 sentimeter menggenangi kompleks Kantor Bupati Kendal sejak Senin dini hari, 14 November. Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang hendak masuk kerja harus menerjang genangan air dan sebagian harus mencopot sepatu. Beruntung, air tidak masuk ke dalam kantor sehingga aktivitas pelayanan publik masih bisa dilaksanakan.

Luapan Sungai Kendal juga merendam permukiman warga di lima kelurahan. Jalur Pantura Kendal juga terkena imbas luapan sungai ini hingga ketinggian 40 sentimeter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan banjir ini akibat intensitas hujan di wilayah atas sangat tinggi sehingga Sungai Kendal tidak mampu menampung debit air.

“Hujan di wilayah Singorojo, Boja, dan Limbangan cukup tinggi sejak Minggu malam. Akibatnya sungai Kendal tidak bisa menampung air dan meluap hingga menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Kota Kendal,” katanya.

Ditambahkan, lima kelurahan yang terendam banjir di antaranya Pegulon, Kebondalem, Sijeruk, Patukangan, dan Ngilir. “Sungai Kendal kerap meluap karena sedimentasi yang tinggi," imbuh Sigit.

Pemerintah kabupaten sudah meminta dinas terkait mengeruk sungai untuk mengurangi sedimentasi.


(SAN)