Guru SD di Gunungkidul Jadi Tersangka Pelecehan

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 12 Oct 2016 20:50 WIB
pencabulan
Guru SD di Gunungkidul Jadi Tersangka Pelecehan
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Polsek Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menetapkan S, guru sekolah dasar, menjadi tersangka pencabulan. Lelaki berusia 50 tahun itu sebelumnya diduga melecehkan siswi berusia 11 tahun pada 4 Oktober lalu.

Kepala Polsek Ponjong, Komisaris Polisi Saman, mengatakan penetapan S sebagai tersangka setelah dilakukan pemeriksaan pada Selasa 11 Oktober. "Yang bersangkutan mengakui perbuatannya," ujar Saman melalui sambungan telepon, Rabu (12/10/2016).

Saman menyebut keterangan S sebelum jadi tersangka sama dengan laporan yang masuk ke kepolisian. Keterangan tersebut yakni, siswi berinisial Sr yang duduk di kelas VI melakukan piket pagi membersihkan ruang guru pada 4 Oktober. Sr saat itu piket bersama dua temannya.

Dalam kondisi sepi, lanjut Saman, S meminta Sr ke ruang kepala sekolah. Sementara dua rekan Sr berada di ruang guru yang terpisah dengan ruang kepala sekolah. Peristiwa pelecehan itu terjadi dalam kondisi sepi sebelum jam masuk sekolah.

"Tersangka belum ditahan karena ada penjamin yang bersangkutan tak melarikan diri," ujar Saman.

Polisi menjerat S dengan Pasal 82 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2013 tentang Perlindungan Anak. Dalam pasal itu tersangka terancam hukuman maksimal 15 tahun bui.

"Korban sudah bisa beraktivitas di sekolah. Kami akan mendampingi agar trauma korban perlahan hilang," kata dia.

Ia menambahkan polisi masih melanjutkan kasus tersebut dengan menambah keterangan sejumlah saksi. Tersangka, ujarnya, bakal dipanggil kembali jika semua berkas sudah lengkap. "Kami akan selesaikan kasus ini," ujar Saman.


(UWA)