Poliandri, Kadus Dituntut Warga Mundur

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 17 Nov 2016 12:23 WIB
pemda
Poliandri, Kadus Dituntut Warga Mundur
Warga Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan berunjukrasa di kantor balaidesa setempat. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Warga Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mendesak Dewi Kumalasari, 35, mundur dari jabatan Kepala Dusun (Kadus) III Mangli.

Penyebabnya, Dewi memutuskan menikah lagi. Padahal, dia masih memiliki suami sah. Kemarahan warga memuncak saat Dewi melangsungkan ijab qabul dengan Krismanto, 39 di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar.

Warga menggerebek Dewi saat prosesi berlangsung. Saat digerebek, pelaku bersembunyi di kamar mandi, namun warga kemudian mendobrak paksa.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kayugeritan, Danil menuturkan, sebenarnya warga sudah mengetahui isu tersebut sejak lama. Akan tetapi belum mengambil tindakan, karena belum ada bukti terkait perbuatan pelaku.

Baru setelah mendapatkan kabar yang bersangkutan akan melangsungkan pernikahan, warga bergerak untuk melakukan penggerebekan.

“Saat ini, warga menuntut agar Bu Dewi segera mengundurkan diri dari jabatannya. Jika tidak mau mundur warga akan mendesak Kades untuk mencopotnya dari jabatan perangkat desa. Selain terbukti melakukan pelanggaran, tindakannya juga telah mencoreng nama baik desa kami,” tandasnya, Kamis (17/11/2016).

Dikatakan Danil, warga meminta kepada muspika dan jajarannya segera menyelesaikan masalah ini, agar tidak timbul konflik di tengah masyarakat. Karena, ada penolakan dan dukungan kepada oknum perangkat desa tersebut dalam kasus poliandri yang dilakukannya.

“Kami akan gerakkan masa sampai Bu Dewi mundur atau dicopot dari jabatannya sebagai Kadus III,” tambahnya.

Sementara itu, Rabu malam bertempat di Balai Desa Kayugeritan, telah dilaksanakan audiensi warga dengan Muspika setempat, menyikapi masalah yang dilakukan oleh oknum perangkat desa tersebut.

Kepala Desa Kayugeritan, Mulyatno menghimbau warga bersabar, karena permasalahan ini akan segera dirapatkan dan hasilnya akan disampaikan secara transparan kepada warga.

Untuk diketahui Dewi Kumalasari saat ini masih memiliki suami dan dikaruniai lima orang anak. Sementara pasangannya, Krismanto, juga sudah beristri. Keduanya merupakan warga Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. 


(SAN)