Bupati Tinjau Kondisi Air Sungai Gede yang Tercemar

Rhobi Shani    •    Sabtu, 19 Aug 2017 15:33 WIB
lingkungan
Bupati Tinjau Kondisi Air Sungai Gede yang Tercemar
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi (kemeja putih) meninjau kondisi air sungai Gede Desa Karangrandu yang tercemar. --MTVN/Rhobi--

Metrotvnews.com, Jepara: Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama sejumlah pejabat melakukan inspeksi ke Sungai Gede Desa Karangrandu Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Inspeksi ini menyusul menghitamnya air sungai yang diduga tercemar limbah industri.
 
Sebelum melihat langsung air sungai Gede, bupati beserta rombongan melihat bendung Sungai Pecangaan. Air sungai bendung Pecangaan satu alur dengan Sungai Gede Karangrandu.  
 
Pantauan Metrotvnews.com, kondisi air Sungai Pecangaan bagus tak menghitam. Beberapa biota seperti ikan pun masih nampak berenang.
 
Dari bendung Pecangaan, rombongan meninjau sentra usaha tahu-tempe yang ada di Pecangaan Wetan. Di lokasi ini, rombongan disuguhkan pemandangan dan bau menyengat dari sisa produksi tahu tempe, yang dibuang ke alur sungai, yang juga mengalir ke Karangrandu. Dari tempat itu bupati lantas bertolak ke Sungai Gede Karangrandu yang menghitam. 
 
“Setelah meninjau langsung, kami langsung mengambil tindakan membuka pintu air (bendungan) yang ada di Karangrandu. Sebelumnya sampah yang ada akan kita bersihkan. Nanti sedimentasi akan dikeruk,” ujar Marzuqi, Sabtu 19 Agustus 2017.
 
Ditanya biang tercemarnya air sungai Gede, Marzuqi enggan memberikan jawaban. Namun, Marzuqi menegaskan akan mengambil tindakan, agar warga Desa Karangrandu bisa kembali menikmati air yang sehat, bebas dari cemaran limbah. 
 
“Pabrik tahu-tempe akan kita buatkan IPAL (instalasi pengolahan air limbah) terlepas apakah pencemarnya dari situ atau bukan. Namun IPAL itu bisa bermanfaat untuk pembuatan biogas,” tandas Marzuqi. 
 
Untuk memastikan penyebab tercemarnya air sungai Gede, Pemkab Jepara mengambil contoh air sungai yang tercemar untuk diteliti. Sementara, ekskavator dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Jepara tengah melakukan pembersihan di sepanjang bantaran Sungai Gede Karangrandu. Sedimentasi yang ada di sungai pun lantas diangkut menggunakan dua truk besar. 



(ALB)