Polda DIY Selidiki Kasus Pemerkosaan Mahasiswi UGM

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 14 Nov 2018 11:57 WIB
pemerkosaan
Polda DIY Selidiki Kasus Pemerkosaan Mahasiswi UGM
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menyelidiki kasus pemerkosaan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), berinisial N. Kasus pemerkosaan yang dilakukan pelaku berinisial S terjadi saat kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Maluku pada pertengahan 2017.

Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto mengatakan, penyelidikan dimulai berdasarkan laporan informasi. Bukan berdasarkan laporan polisi.

"Penyelidikan yang kami lakukan ini dasarnya bukan laporan polisi, tapi laporan informasi. Itu produk kepolisian untuk melaporkan sebuah peristiwa," kata Yuliyanto saat ditemui di sela acara di Markas Brigade Mobil (Brimob) Gondowulung, Yogyakarta, Rabu, 14 November 2018.

Penyelidikan diambil dari informasi peristiwa yang ada di media atau pun media sosial. Data itu kemudian dibuat menjadi laporan informasi yang jadi dasar dalam penyelidikan.

"Baru penyelidikan, belum penyidikan. Nanti akan ada hasil penyelidikan. Penyelidikan ini kami lakukan semenjak ada informasi ini booming," ujarnya.

Laporan hasil penyelidikan nantinya akan dikirim ke Polda Maluku yang jadi ketempatan kejadian perkara. Pihaknya akan menyerahkan sepenuh kasus itu ke Polda Maluku.

"Nanti akan diproses mau ditingkatkan menjadi penyidikan atau apa, tergantung dari sana.
Kita sudah melakukan penyelidikan," ujarnya.

Instansinya belum melakukan pemanggilan pihak lain dalam penyelidikan. Menurut dia, pemanggilan harus ada unsur yang memaksa.

"Artinya, pemanggilan (korban atau pelaku) harus ada laporan dulu. Ini baru sebatas cari informasi, belum manggil orang," kata dia.


(SUR)