KPU Surakarta Kembalikan Berkas Partai Idaman

Pythag Kurniati    •    Rabu, 18 Oct 2017 19:40 WIB
pemilupemilu serentak 2019
KPU Surakarta Kembalikan Berkas Partai Idaman
Kantor KPU Surakarta. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 16 partai politik (parpol) mendaftar ke KPU Surakarta hingga batas akhir penyerahan berkas pendaftaran. Namun, KPU Surakarta mengembalikan berkas pandaftaran Partai Idaman

"Ada 16 parpol yang datang ke KPU per 17 Oktober 2017 hingga pukul 24.00 WIB. Dari angka itu, ada satu parpol, yakni Partai Idaman yang berkasnya terpaksa kami kembalikan," ungkap Komisioner Divisi Hukum KPU Surakarta Nurul Sutarti saat ditemui, Rabu 18 Oktober 2017.

Partai Idaman tidak menyerahkan berkas print out dari Sipol. Sedangkan Partai Indonesia Kerja (PIKA) sempat berkonsultasi tapi tidak menyerahkan berkas pendaftaran hingga batas waktu.

Ada beberapa partai yang berkasnya belum sama dengan sipol namun telah memenuhi syarat keanggotaan seperseribu dari jumlah penduduk kabupaten/kota.

Dia menyebut parpol bisa diberikan TT (tanda terima) meskipun tidak sesuai sipol dengan syarat salinan KTA dan KTP elektroniknya harus sudah melampaui batas minimal keanggotaan. Hal ini merujuk ke Surat Edaran SE 580/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017.

Verifikasi berkas pendaftaran 15 parpol dilakukan hingga tanggal 15 November 2017. KPU Surakarta akan meneliti kebenaran dan keabsahan dari berkas salinan KTP elektronik dan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang telah diserahkan.

"Kami lakukan penelitian terhadap data keanggotaan yang tidak memenuhi syarat serta kemungkinan adanya kegandaan. Baik ganda identik (dalam parpol) maupun antar parpol," katanya.

 


(SUR)