Banjir Rendam Empat Kecamatan di Pati

Rhobi Shani    •    Sabtu, 06 Jan 2018 11:45 WIB
banjirbencana banjir
Banjir Rendam Empat Kecamatan di Pati
Banjir merendam empat kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yaitu Kecamatan Pucakwangi, Jakenan, Jaken dan Batangan. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Pati: Banjir merendam empat kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yaitu Kecamatan Pucakwangi, Jakenan, Jaken dan Batangan. Ketinggian air yang merendam wilayah permukiman antara 40 hingga 100 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo menyampaikan, banjir disebabkan hujan lebat di wilayah pegunungan Kendeng. Hujan mulai turun pada, Jumat 5 Januari 2018, mulai sore hingga jelang tengah.

“Banjiir karena hujan di sekitar pegunungan Kendeng terus mengalir ke bawah,” ujar Sanusi, Sabtu 6 Januari 2018.

Sanusi menyampikan, kali pertama banjir merendam wilayah Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi. Lalu, air turun ke wilayah di bawahnya, Yaitu Desa Ronggo, Sidomukti, dan Tegalarum Kecamatan Jaken. Kemudian ada tiga desa yang terendam banjir di Kecamatan Jakenan.

Banjir yang merendam Kecamatan Batangan terjadi di Desa Ketintangwetan, Branti, Ngening, Tlogomojo. Hingga saat ini yang masih parah terendam banjir, yaitu Desa Ketintangwetan. Ketinggian air di desa tersebut masih di atas 40 sentimeter.

“Di Batangan memang tidak terjadi hujan, tapi terkena limpasan. Selain merendam pemukiman juga merendam jalan desa, sehingga aktivitas warga terganggu,” ungkap Sanusi.

Meski banjir yang merendam wilayah permukiman cukup tinggi, Sanusi menambahkan, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi. Warga masih bertahan di rumah masing-masing. Mereka memindahkan barang-barang ke tempat lebih tinggi.


(SUR)