Aksi Solidaritas #SaveRohingya Keluarkan Piagam Borobudur

   •    Jumat, 08 Sep 2017 16:17 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Aksi Solidaritas #SaveRohingya Keluarkan Piagam Borobudur

Metrotvnews.com, Magelang: Ribuan massa aksi #SaveRohingnya memadati area Masjid An-Nur di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat 8 September 2017. Mereka menggelar salat Jumat yang dilanjutkan berdoa bersama untuk muslim Rohingya.

Ketua Panitia Aksi Anang Imamuddin berkata, umat muslim Indonesia menangis mengetahui tindak kekerasan terhadap etnis Rohingya, Myanmar. Aksi solidaritas dan dukungan bermunculan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, dukungan tak hanya berasal dari umat muslim.

Doa tersebut dilakukan di pelataran Masjid An-Nur. Massa rela berdiri di bawah terik matahari. Usai berdoa, membacakan Piagam Borobudur.

Anang menampik kekhawatiran aparat yang menilai aksi bisa menimbulkan tindakan anarkis. "Aksi ini dilakuan karena umat muslim tergerakkan hatinya. Kita berkumpul untuk solidaritas," kata dia.

Solidaritas #SaveRohingya yang dilakukan adalah aksi damai. Anang mengklaim, umat muslim Indonesia siap membela saudara yang mengalami kekerasan di Rohingya.

Usai doa bersama, Anang mengajak massa untuk mendengarkan Piagam Borobodur. Di bawah terik matahari, peserta #SaveRohingya menyatakan lima poin, yakni:
1. Mengecam tindakan kekerasan massal di Rohingnya.
2. Mendesak Pemerintah Myanmar untuk menghentikan kekerasan di Rohingnya fan menghukum pelaku kekerasan tersebut. Pemerintah Myanmar juga harus  membuka akses bantuan kemanusiaan bagi Rohingnya.
3. Mendorong Presiden indonesia untuk berperan aktif dalam permasalahan Rohingya.
4. Meminta PBB mengirim pasukan perdamaian ke Rohingnya.
5. Mendesak negara di ASEAN, OKI dan PBB untuk mewujudkan perdamaian di Rohingnya. Meminta pelaku kekerasan di Rohingnya diadili di Mahkamah Internasional.