Kekeringan di Banyumas dan Banjarnegara Meluas

Liliek Dharmawan    •    Jumat, 18 Aug 2017 15:49 WIB
kemarau dan kekeringan
Kekeringan di Banyumas dan Banjarnegara Meluas
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Banyumas: Dampak kekeringan di Banyumas, Jawa Tengah terus meluas. Jika pada awal Agustus, tercatat lima desa, kini meluas ke sembilan desa di empat kecamatan, yakni Purwokerto Barat, Kedungbanteng, Cilongok, dan Purwojati.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Kusworo mengungkapkan karena hujan sudah tidak turun lagi, kekeringan semakin meluas. Sembilan desa tersebut telah mengajukan permintaan bantuan air bersih ke BPBD.

"Dari empat kecamatan yang meminta suplai air bersih, Kecamatan Purwojati merupakan daerah yang paling parah dilanda kekeringan," jelas Kusworo, dikutip Media Indonesia, Jumat, 18 Agustus 2017.

BPBD telah menyiagakan dua armada tangki untuk memasok air bersih ke wilayah kekeringan. Bila permintaan air bertambah, BPBD akan mengajukan bantuan armada pada instansi lain.

Dari Kabupaten Banjarnegara, dilaporkan sejumlah desa wilayah mengalami krisis air bersih dalam beberapa waktu terakhir. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arif Rahman mengaungkapkan 2.200 warga telah mengalami krisis air bersih karena sumur dan sumber mata air mulai mengering.

"Ribuan warga yang mengalami krisis bersih tersebar di sejumlah desa," katanya.

Di antaranya, 1.200 jiwa lebih di Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja mengalami krisis air bersih. BPBD setempat telah menyalurkan 15 ribu liter air bersih.

Selain itu, kekeringan juga berdampak pada 454 jiwa warga Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara, serta di Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang dengan jumlah 528 jiwa. "Kedua desa tersebut telah dipasok masing-masing satu tangki sebanyak 5 ribu liter," ┬Łujarnya.

Menurutnya, kemungkinan bakal semakin banyak daerah yang mengalami kekeringan karena hujan memang sudah minim. Hal itu berdampak pada menyusutnya volume air sumur maupun sumber mata air.


(SAN)