BPBD Tegal Siapkan Rp50 Juta untuk Air Bersih

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 01 Sep 2017 17:22 WIB
kemarau dan kekeringan
BPBD Tegal Siapkan Rp50 Juta untuk Air Bersih
Warga mengantri air bersih di Tegal, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 juta untuk bantuan air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan. Hingga kini, BPBD sudah menggelontorkan air bersih sebanyak 50 tangki.

"Kami sudah memberikan bantuan air bersih, mayoritas di wilayah pantura (Kabupaten Tegal)," kata Kepala BPBD Kabupaten Tegal Tedjo Kusworo, Jumat, 1 Maret 2017. 

Dia menuturkan, tiga kecamatan di wilayah pantura Kabupaten Tegal saat ini mengalami kekeringan. Ketiga kecamatan itu yakni, Kramat, Suradadi dan Warureja. Namun, daerah terparah berada di Kecamatan Suradadi dan Warureja. Utamanya di Desa Kertasari, Jatimulya, Rangimulya, Harjasari, Gembongdadi dan Karangmalang. Tak hanya itu, di wilayah Kecamatan Kedungbanteng juga banyak yang mengalami kekeringan.

"Kami sudah siapkan anggaran Rp 50 juta untuk bantuan air bersih. Bagi warga yang mengalami kekeringan, silahkan hubungi kami. Bisa melalui surat, telephon, maupun SMS," ujarnya.

Dirinya tak menampik, kekeringan di Kabupaten Tegal memang sudah meluas. Beberapa kecamatan lainnya juga mulai kekurangan air bersih seperti Kecamatan Dukuhwaru, Balapulang, Pangkah, dan beberapa kecamatan lainnya. Sejauh ini, pihaknya mengaku sudah membantu air bersih ke berbagai lokasi yang dilanda kekeringan.

"Setiap hari kami mengirimkan 3 tangki. Kalau nanti kurang, pak bupati dan pak gubernur siap memberikan bantuan," ujarnya.



(ALB)