Kantor First Travel Jogja Nebeng Studio Foto

Patricia Vicka    •    Kamis, 24 Aug 2017 16:33 WIB
ibadah umrah
Kantor First Travel Jogja Nebeng Studio Foto
Kantor First Travel Yogyakarya nebeng Studio Foto Pelangi. MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Biro Umrah First Travel diketahui mempunyai cabang di Yogyakarta. Kantornya beralamat di Karanglo no 32, Kota Gede. 

Saat Metrotvnews.com menghampiri, kantor tersebut ternyata adalah sebuah studio foto bernama studio foto Pelangi. Tak ada tulisan ataupun plang First Travel satupun di studio foto ini. Hanya ada plang nama Pelangi di atap studio tersebut.

Pantauan Metrotvnews.com pun tak ada kegiatan pendaftaran ataupun pemberangkatan jemaah umrah. Hanya ada kegiatan fotografi dan orang-orang yang hendak mencetak foto.

Studio ini diketahui milik ayah Nur Vira Nuraini, salah seorang agen First Travel di Yogyakarta. Tina, salah seorang tetangga mengatakan, bangunan tersebut sejak dulu sudah dipakai sebagai studio foto. Tak pernah ada tulisan First Travel tertampang dibangunan ini.

Namun ia tahu kalau pemilik studio foto tersebut memiliki usaha sampingan sebagai agen First Travel. "Iya, usaha sampingan saja (agen First Travel). Kalau buka studio sudah dua puluh tahunan ada," tutur wanita yang membuka warung di sebelah Studio Pelangi.

Baca: Agen First Travel Jogja Terancam Rugi Rp4,1 Miliar

Ia menambahkan sering melihat calon jemaah mendaftarkan diri dan berangkat umrah lewat biro Firat Travel melalui agen ini. Namun, akhir-akhir ini kegiatan umrah sudah dihentikan. "Dulu banyak yang daftar dan berangkat. Tapi sekarang yang daftar kesini katanya sudah dialihkan ke yang lain,"katanya.

Sementara itu, Nur Vira Nuraini mengakui studio foto Pelangi juga dipakai sebagai kantor First Travel cabang Yogyakarta. Namun sudah sejak lama ia menghentikan kegiatan pendaftaran dan pemberangkatan umrah calon jemaah. "Iya benar dulu dipakai untuk umroh (kantor First Travel) tapi sekarang sudah ga," kata Vira pada Metrotvnews.com, Kamis 24 Agustus 2017.

Dirinya sudah menggugat First Travel di Jakarta karena tak kunjung memberangkatkan kliennya. Ia menuntut First Travel untuk mengembalikan uang, paspor dan berkas-berkas kliennya.


(ALB)