Setiap Anak Panti di Jepara Dapat Bantuan Rp730 Ribu Setahun

Rhobi Shani    •    Rabu, 19 Apr 2017 16:53 WIB
bpjs kesehatan
Setiap Anak Panti di Jepara Dapat Bantuan Rp730 Ribu Setahun
Ilustrasi uang, Ant

Metrotvnews.com, Jepara: Setiap anak di dalam panti asuhan mendapat bantuan Rp730 ribu dalam setahun dari Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bantuan tersebut dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan anak yang disalurkan melalui rekening yayasan panti asuhan.
 
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Jepara Muhammad Zahid menyampaikan, sebanyak 36 panti asuhan dibangun di kabupaten tersebut. Jumlah anak di setiap panti berbeda-beda. 
 
“Kalau dijumlah dari 36 panti ada 1.000 anak lebih. Satu panti ada yang 40 anak, ada yang 80 anak, yang hanya tujuh anak juga ada,” ungkap Zahid, Rabu 19 April 2017.
 
Selain memberikan bantuan uang tunai, Zahid melanjutkan, setiap panti asuhan juga mendapat bantuan beras sebanyak 300 kg dalam setahun. Bantuan uang tunai dan beras diberikan tidak dalam waktu bersamaan.
 
Disinggung berkait biaya pendidikan dan kesehatan anak di dalam panti, Zahid menambahkan, hal tersebut bukan wewenangnya. Pihaknya hanya sekedar memberikan rekomendasi kepada Dinas Kesehatan. Agar, anak di dalam panti mendapatkan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Baca: Anak Panti Asuhan di Jepara tak Terima KIP dan KIS 

“Kalau Kartu Indonesia Pintar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang menerbitkan. Kami hanya memberikan bantuan beras dan uang kebutuhan hidup anak di dalam panti,” beber Zahid.  
 
Terpisah, Kepala Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo, Kuncoro Thesaurianto menyampaikan, biaya pendidikan anak di dalam panti dipenuhi dari Anggaran Pendapatan Belanjaj Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah. dalam setahun, Pemprov mengalokasikan sebesar Rp175 juta.
 
“Biaya pendidikan itu belum bisa mencukupi semua kebutuhan sekolah anak. Misalnya, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sekolah seperti studytour atau acara perpisahan,” kata Kuncoro.  


(RRN)