Blanko KTP-el Sudah Ada, Kantor Kecamatan Yogyakarta masih Sepi

Patricia Vicka    •    Rabu, 19 Apr 2017 19:14 WIB
pelayanan e-ktp
Blanko KTP-el Sudah Ada, Kantor Kecamatan Yogyakarta masih Sepi
Warga Gondokusuman puas dan senang menerima E-KTP, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Kota Yogyakarta mendapat ribuan blanko KTP elektronik. Namun hingga kini, Rabu 19 April 2017, tak banyak warga yang mendatangi Kantor Kecamatan Yogyakarta untuk mendapatkan KTP-el.

Warga Kota Yogyakarta sudah bisa mendapatkan blanko KTP-el sejak dua hari lalu. Namun pada hari ketiga penerimaan blanko, suasana di Kantor Kecamatan Yogyakarta masih sepi.

Pantauan Metrotvnews.com, ruangan pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Gondokusuman  di Jalan Kusbini Yogyakarta ramai. Tapi tak banyak warga yang mengurusi pencetakan KTP-el.

Kondisi serupa pun terjadi di Kantor Kecamatan Mergangsang di Jalan Sisingamangaraja. Tak nampak antrian panjang warga untuk mengambil E-KTP.

Yulida Subinarto mengaku bingung soal sosialisasi pengambilan KTP-el. Sebab ia tak tahu soal prosedur dan lokasi pengambilan kartu.

"Saya tahu sudah bisa diambil baru kemarin. Lalu saya datangi kantor kelurahan, tapi diminta langsung ke kantor Kecamatan," kata pria yang tinggal di kelurahan Kota Baru Yogyakarta, Rabu 19 April 2017.

Namun ia merasa lega dan puas sudah bisa memiliki E-KTP. Pria yang sudah merekam data diri sejak November 2016 mengaku kerap kesulitan mengurus administrasi dan beberapa pelayanan umum karena tidak punya KTP-el.

"Saya mau pinjam ke bank atau lembaga kredit lainnya ga bisa. Urus BPJS dan Paspor juga enggak bisa. Urus SIM atau STNK agak lama karena enggak ada KTP," keluh Yuli.

Ia berharap agar pemerintah segera mengirimkan tambahan blanko KTP-el. Sebab masih banyak warga yang belum menerima KTP. gyakarta yang merasakan nasib yang sama.

Hal serupa juga dialami Wahyu Nugrah Heni (26) warga Kota Baru, Gondokusuman. Ia hendak mengambil KTP-el milik dirinya dan suami.

"Petugas bilang harus suami saya yang datang langsung. Enggak bisa diwakilkan. Saya enggak tahu. Saya pikir bisa diambilkan karena suami sudah merekam semua datanya," tutur wanita berhijab ini.

Ia meminta agar pemerintah  Kota Yogyakarta bisa lebih gencar mensosialisasikan pengambilan Blangko E-KTP kepada masyarakat.

Berdasarkan data petugas Kecamatan Gondokusuman, ada 500 blanko KTP-el yang akan dibagikan ke warga. Namun sejak Senin 17 April hingga Rabu 19 April siang baru 76 warga yang mengambil KTP-el.

"Saya sudah kirim surat edaran pengambilan KTP ini ke kelurahan. Lalu minta kelurahan tempel dipapan pengumuman,"tutur Kepala Camat Gondokusuman Jalaludin.


(RRN)