Kebakaran Kapal, Api Berkobar 18 Jam

Rhobi Shani    •    Minggu, 16 Jul 2017 14:46 WIB
kebakaran
Kebakaran Kapal, Api Berkobar 18 Jam
Belasan kapal terbakar saat sandar di sungai Silugonggo, Pati, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Pati: Api yang melalap belasan kapal sandar di aliran Sungai Silugonggo, kecamatan Juwana, kabupaten Pati, Jawa Tengah, sejak pukul 12.45 WIB kemarin, berhasil dipadamkan pada pukul 06.00 WIB, Minggu, 16 Juli 2017. Sedikitnya 12 kapal terbakar dalam insiden ini.

Relawan SAR Kabupaten Pati Gunawan menyampaikan, siang ini api dipastikan sudah padam. Tim inavis Polres Pati sudah di lokasi kejadian.
 
“Hari ini sudah berhasil diminimalisir. Api sudah padam,” ujar Gunawan. (Baca: Belasan Kapal Terbakar di Pati)
 
Gunawan bilang, kapal nelayan yang terbakar sebanyak 12. Peristiwa bermula dari ruang mesin KM Makmur Jaya Bahari. Sebelum kejadian, dua pekerja, Edi dan Bani, tengah melakukan perbaikan kapal.
 
“Api cepat membesar karena embusan angin dan di antara kapal yang terbakar ada kapal yang sudah siap berangkat dengan membawa 40 ton solar,” papar Gunawan.
 
Agar api tidak menjalar ke kapal-kapal yang lain, tim SAR gabungan membuat penghalang puing-puing kapal yang terbakar agar tidak hanyut. Selain itu, proses pemadaman api juga dilakukan dengan menyemprotkan alkon yang dimuat kapal.

Baca: Hingga Tengah Malam Kebakaran Kapal Nelayan belum bisa Dipadamkan
 
“Operasi pemadaman mulai dini hari dan selesai tadi pagi. Penyemprotan alkon menggunakan kapal karena jarak semprot sudah maksimal. Namun tindakan ini tidak serta merta mematikan api secara keseluruhan,” tandas Gunawan.
 
Sinarto, warga setempat yang saat kejadian sedang memancing ikan mengungkapkan, sebelum api membesar terdengar bunyi ledakan. Suara ledakan bersumber dari mesin las yang sedang melakukan perbaikan kapal.


(SAN)