379 Calhaj Pekalongan Siap Berangkat ke Tanah Suci

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 12 Jul 2017 15:59 WIB
haji 2017
379 Calhaj Pekalongan Siap Berangkat ke Tanah Suci
Jemaah calon haji asal Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan manasik sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pekalongan: Sebanyak 379 jemaah calon haji asal Pekalongan, Jawa Tengah, siap diberangkatkan ke Mekah pada Jumat 28 Juli 2017. Mereka terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) melalui Embarkasi Solo.

"Sesuai dengan pengundian yang telah dilaksanakan di provinsi, calon haji asal Pekalongan tergabung dalam kloter 5 dan 48," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Pekalongan M. Nadhief, Rabu 12 Juli 2017.

Nadhief menjelaskan, kloter 5 seluruhnya adalah jemaah calon haji asal Pekalongan. Sedangkan, kloter 48 bergabung dengan jemaah calon haji dari Banyumas dan Tegal yang akan berangkat pada 11 Agustus 2017.

"Seluruh jemaah calon haji ini akan didampingi lima petugas untuk masing-masing kloter, dua petugas dari Kemenag dan tiga petugas kesehatan. Ada juga petugas dari TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) dan TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah)," katanya.

Menurut Nadhief, seluruh proses persiapan telah dilakukan jemaah calon haji dan Kantor Kemenag. Namun, masih ada satu proses yang harus diikuti jemaah calon haji, yakni pemeriksaan kesehatan ketiga oleh Dinas Kesehatan Pekalongan.

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan selama tiga hari oleh Dinas Kesehatan bertempat di puskesmas yang telah ditentukan, sesuai domisili masing-masing jemaah calon haji," imbuhnya.

Wakil Wali Kota Pekalongan H.M. Saelany Machfudz mengimbau, jemaah calon haji tetap rukun selama di Tanah Suci. "Dengan kondisi yang sekarang intoleran, kami tekankan betul kepada jemaah agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta mencerminkan warga Pekalongan yang baik," pungkasnya.


(NIN)