362 Cakades Bersaing di 125 Desa Sukoharjo

Pythag Kurniati    •    Selasa, 11 Dec 2018 20:12 WIB
daerah
362 Cakades Bersaing di 125 Desa Sukoharjo
Proses pemungutan suara Pilkades serentak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa, 11 Desember 2018. Medcom.id/ Pythag Kurniati.

Sukoharjo: Sebanyak 362 calon kepala desa (cakades) berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Sukoharjo. Pemilihan dilakukan secara serentak hari ini, Selasa, 11 Desember 2018.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Sukoharjo, Setyo Aji Wibowo, mengatakan para cakades tersebut bersaing di 125 desa di Sukoharjo.

"Pilkades dimulai serentak pukul 07.00 dan ditutup pukul 13.00 WIB," kata pria yang disapa Aji itu.

Pihaknya saat ini berkeliling memantau pelaksanaan Pilkades. "Kami ingin memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan lancar," ujarnya.

Setelah pemungutan suara ditutup, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan segera melakukan penghitungan suara di TPS. Penghitungan disaksikan saksi dan masyarakat.

Hasil penghitungan lalu akan disampaikan kepada panitia pemilihan dan akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara. "Pelantikan dilakukan paling lambat 30 hari setelah ada Keputusan Bupati terkait pengesahan pemenang," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengatakan kepolisian melakukan pengamanan di setiap desa. Sedikitnya ada 680 polisi yang menjaga 125 desa.

"Kita juga mendapat bantuan dari Brimob 60 personel, dari TNI 120 personel dan Linmas dari masing-masing desa," kata Iwan.


(DEN)