Plt Bupati Tegal Mengajar Gantikan Guru Honorer

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 08 Oct 2018 09:43 WIB
Guru Honorer
Plt Bupati Tegal Mengajar Gantikan Guru Honorer
Plt Bupati Tegal Umi Azizah mengajar di SD Balapulang Wetan 3, Senin, 8 Oktober 2018, Medcom.id - Kuntoro

Tegal: Pelaksana Tugas Bupati Tegal Umi Azizah mengajar di SD Balapulang Wetan 3, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ia melakukan itu lantaran guru honorer di sekolah tersebut melakukan aksi mogok sejak Senin, 1 Oktober 2018 lalu. 

Selain di SD tersebut, Umi juga mengecek ke sekolah lain yang berada di wilayah Kecamatan Balapulang. Antara lain, di SD Balapulang Wetan 4, SD Balapulang Kulon 1, dan SD Balapulang Kulon 3.

"Dari empat SD yang kami datangi, Alhamdullilah sebagian besar para tenaga honorer sudah masuk dan kembali bertugas. Cuma di SD Balapulang Wetan 3 yang gurunya masih mogok," kata Umi  usai mengajar, Senin, 8 Oktober 2018.

Karena ada guru honorer yang masih mogok mengajar, Umi pun akhirnya menggantikan peran guru di sekolah tersebut. Dia mengajar layaknya seorang guru. 

Sesekali, para siswa mengajukan pertanyaan kepada Plt Bupati Tegal. Tanpa sungkan-sungkan, Umi Azizah menjawab sembari memberikan senyuman kepada para siswa kelas 5 itu.

"Untuk sementara, saya menggantikan peran guru yang masih mogok mengajar," ujar Umi.

Usai mengajar, Umi menegaskan, jika tenaga honorer masih melakukan aksi mogok, pihaknya tidak segan-segan bakal memberikan sanksi. Walau demikian, dia tidak menyebutkan sanksinya secara rinci. 

Saat ini, Umi mengaku tengah berupaya menaikkan besaran gaji tenaga honorer. Pemkab Tegal sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp8 miliar untuk tunjangan para tenaga honorer. Rencananya, tahun depan, anggaran akan dinaikkan lagi supaya tunjangannya lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Kita sudah usulkan di RAPBD 2019. Kalau masih mogok nanti kita kenakan sanksi pada guru tersebut," tukasnya.


(RRN)