Haji Asal Kebumen Meninggal sebelum Pesawat Mendarat

Pythag Kurniati    •    Senin, 03 Oct 2016 09:36 WIB
haji 2016
Haji Asal Kebumen Meninggal sebelum Pesawat Mendarat
Petugas memindahkan jenazah warga Kebumen yang meninggal di pesawat setelah pulang dari haji, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Boyolali: Dua warga Jawa Tengah meninggal dunia dalam perjalanan pulang dari haji. Keduanya merupakan warga Kebumen yang tergabung dalam kloter 36 embarkasi Solo.

Dua orang itu yaitu Akhmad Marji Amad Rusdi, 79 dan Yasmijatun Karto Wirokromo, 66. Akhmad Marji meninggal sebelum pesawat mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Kasubag Penerangan Humas dan Protokoler Panitia Penyelenggara Ibadah Hahi (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Solo, Agus Widakdo, mengungkapkan Akhmad Marji mengalami gagal napas saat berada dalam pesawat.

"Jenazah Akhmad sampai di Asrama Haji Donohudan pada Senin dini hari, dilakukan pengecekan dan proses serah terima kepada petugas daerah," ungkap Agus di Debarkasi Solo, Senin (3/10/2016).

Sementara Yasmijatun memiliki riwayat penyakit paru obstruktif kronis. Selama dalam pesawat, Yasmijatun mendapat perawatan. Tim medis memberikan bantuan oksigen dan selang infus.

Setelah pesawat mendarat pada pukul 23.00 WIB, Minggu 2 September, tim lalu membawa Yasmijatun ke Rumah Sakit Dr. Moewardi. Namun Yasmijatun meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Hingga berita ini dimuat, sebanyak 12.887 haji asal Jawa Tengah dan DIY telah kembali dari Tanah Suci. Jumlah tersebut terbagi dalam 36 kelompok terbang (kloter).

Empat orang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Solo. Sedangkan 12 lainnya belum dapat pulang ke Indonesia karena masih menjalani perawatan medis di Arab Saudi. Sedangkan 40 warga Jateng-DIY wafat di Tanah Suci.


(RRN)