1.700 Petugas Amankan Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 20 Dec 2017 12:18 WIB
libur panjang
1.700 Petugas Amankan Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta
Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri. Medcom.id.Mustaqim

Bantul: Sebanyak 1.700 petugas dari berbagai eleman akan dikerahkan untuk amankan Natal dan Tahun Baru 2018 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ribuan petugas itu dari unsur kepolisian hingga pemerintah daerah. 

Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri mengatakan, pihaknya telah berkoodinasi dengan pemerintah DIY. 1.700 petugas itu akan langsung menjaga dan mengamankan kondisi di lapangan. 

"Jumlah 1.700 itu yang terdaftar. Kami akan melibatkan pula anggota kami di tingkat Polres hingga Polsek," ujar Dofiri di Bantul pada Rabu, 20 Desember 2017. 

Dofiri mengakan, pihaknya mengerahkan sekitar 2/3 kekuatan Polda DIY. Menurut dia, semua petugas akan disiagakan untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. 

"Kami ingin jamin keamanan masyarakat. Pasukan yang kami kerahkan untuk siaga satu," ucapnya. 

Selain kepolisian, lanjut Dofiri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga sejumlah eleman masyarakat sipil akan terlibat dalam memberikan pengamanan gereja. Sejumlah elemen itu seperti Banser NU, Kokam Muhammadiyah, dan Paksi Katon. 

Menurut dia, ada 352 gereja di Yogyakarta yang akan dijaga saat Natal. "Hampir semua kami libatkan. Kepolisian dan pemerintah ingin memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk beribadah dan libur tahun baru," jelasnya. 


(ALB)