KPU Jepara Canangkan Gerakan Sadar Pemilu

Rhobi Shani    •    Minggu, 29 Oct 2017 17:47 WIB
kpupilkada serentak
KPU Jepara Canangkan Gerakan Sadar Pemilu
Jalan sehat dalam rangka pencanangan Gerakan Sadar Pemilu (GSP) di Alun-alun Jepara, Jawa Tengah -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Sebanyak 1.000 orang mengikuti jalan sehat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara rangka pencanangan Gerakan Sadar Pemilu (GSP). Pada  kesempatan ini, masyarakat diingatkan jika dalam waktu dekat akan ada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah 2018.

"Kita ingin semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi, dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa pemilu sebagai pelaksanaan sarana kedaulatan rakyat adalah sesuatu yang penting bagi mereka," kata Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri di Jepara, Jawa Tengah, Minggu 29 Oktober 2017.

Pencanangan Gerakan Sadar Pemilu ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama yang diwakili sejumlah segmen pemilih, yakni perwakilan prapemilih, pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih keagamaan, pemilih disabilitas, dan pemilih marginal. Gerakan ini diharapkan bukan agenda sesaat dan seremonial belaka, namun sebuah pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilu secara berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki mewakili jajaran Forkopimda mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap penyelenggaraan pemilu. "Partisipasi masyarakat adalah sesuatu yang penting. Masyarakat mempunyai hak untuk menentukan sendiri pemimpinnya. Maka, gunakan hak itu secara benar dan bertanggungjawab," ucapnya.

Jalan sehat tersebut dimulai mulai dari Alun-alun Jepara, melewati Jalan Kartini, Jalan Pemuda, menuju Jalan M.H. Tamrin, ke Jalan Brigjend Katamso, dan kembali ke alun-alun. Acara dimeriahkan dengan undian door prize dan hiburan orkes melayu.


(NIN)