Pilkada Jateng 2018

Enam Orang Berkonsultasi ke KPU Jateng untuk Ikut Pilgub dari Jalur Independen

Rhobi Shani    •    Minggu, 22 Oct 2017 15:37 WIB
pilkada 2018
Enam Orang Berkonsultasi ke KPU Jateng untuk Ikut Pilgub dari Jalur Independen
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jepara: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah melakukan safari ke kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Itu dilakukan untuk mendeteksi calon gubernur Jateng 2018 dari jalur perseorangan. Hingga saat ini, tercatat sudah ada enam orang yang berkonsultasi berkait pencalonan kepala daerah dari jalur tersebut. 
 
Komisioner KPU Jateng Bidang Pemutakhiran Data Pemilih Muslim Aisya mengatakan, pencalonan dari jalur perseorangan menempati tahap awal karena adanya syarat dukungan. Untuk bisa mencalonkan diri dari jalur perseorangan harus mempunyai dukungan 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Terakhir (DPT) Jateng. 
 
“Syarat dukungan 1.781.606 orang yang dibuktikan dengan identitas seperti KTP atau surat keterangan perekaman data penduduk,” ungkap Muslim, Minggu 22 Oktober 2017.
 
Muslim bilang, pencalonan dari jalur perseorangan diatur dalam peraturan KPU No 3/2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota. 
 
“Tahapan pengumuman dan penyerahan syarat dukungan mulai 9 hingga 22 November,” terang Muslim.
 
Dari enam orang yang telah berkonsultasi dengan KPU Jateng terkait jalur perseorangan, Muslim melanjutkan, satu diantaranya adalah warga Kabupaten Jepara, yakni Mundi.
 
“Setiap sosialisasi ke kabupatan dan kota, kami mendeteksi dan mendorong potensi calon perseorangan dalam pelaksanaan Pilgub nanti,” tandas Muslim. 


(RRN)