PKB Kian Mantap Usung Marwan Jafar di Pigub Jateng

Mustholih    •    Jumat, 20 Oct 2017 18:56 WIB
pilgub jateng 2018
PKB Kian Mantap Usung Marwan Jafar di Pigub Jateng
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Partai Kebangkitan Bangsa kian mantap mengusung Mantan Menteri Desa, Marwan Jafar, sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah 2018. Partai berbasis massa warga Nahdliyin itu terus 'bergerilya' politik kepada partai-partai yang bersedia mengusung Marwan.

"Sampai sekarang masih berjalan. PKB tidak tertutup pada satu, dua, atau tiga partai. Terrmasuk dengan PDI Perjuangan pun juga komunikasi. Pak Marwan rekomendasi Pak Ketum hanya untuk Cagub," kata Wakil Ketua PKB Jateng, Muh Zen Adv, saat dihubungi Metrotvnews.com, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 20 Oktober 2017.

Muh Zen menegaskan Marwan sudah mendapat rekomendasi dari PKB untuk maju sebagai Cagub Jateng sejak sejak jauh-jauh hari. "Rekomendasi sudah lama keluar, sejak Pak Muhaimin (Ketua Umum PKB) menyampaikan, secara otomatis PKB sudah deklarasikan diri untuk mengusung calon di Jateng Pak Marwan," jelas Muh Zen.

Meski begitu, PKB sadar tidak mampu mengusung Cagub tanpa koalisi. Sebagai partai yang mendapat 13 kursi di DPRD Jateng, PKB harus mampu merebut simpati partai lain untuk membangun koalisi bersama. "Karena hanya ada satu partai di Jateng yang bisa mengusunh Paslon sendiri yaitu PDI Perjuangan," ungkap Muh Zen.

Di Jateng, syarat partai politik bisa mengusung Cagub sendiri harus memperoleh minimal 20 kursi di DPRD Jateng. Menurut Muh Zen, PKB tidak menghadapi masalah komunikasi dengan partai lain untuk mengusung Marwan. 

"Kita sudah komunikasi dengan Gerindra, PAN, PKS, Demokrat, dan Golkar. Masalahnya, di internal partai lain sampai hari ini masih menjadi dinamika sampai saat pendaftaran awal-awal 2018," terang Muh Zen.


(ALB)