Tiga Maskapai Dapat Extra Flight di Bandara Semarang

Budi Arista Romadhoni    •    Kamis, 20 Dec 2018 13:32 WIB
penerbangan
Tiga Maskapai Dapat <i>Extra Flight</i> di Bandara Semarang
Suasana di Bandara Ahmad Yani Semarang, Medcom.id - Budi Arista

Semarang: Lonjakan jumlah penumpang di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, diperkirakan terjadi pada 23 dan 24 Desember 2018. Lonjakan itu terjadi mulai pada dua hari menjelang perayaan Natal 2018 atau H-2.

General Manager PT Angkasa Pura Bandara Ahmad Yani Cecep Marga Sonjaya mengatakan diperkirakan lonjakan terjadi sebanyak 12 persen dari hari biasa. Beberapa maskapai pun mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight untuk mengatasi lonjakan penumpang.

"Kami mendapat permintaan 55 extra flight. Tapi yang sudah pasti untuk sementara ini 10 extra flight untuk tiga maskapai," ujar Cecep di Semarang, Kamis, 20 Desember 2018.

Ketiga maskapai yang ia maksud antara lain, Lion Air, Garuda Indonesia dan Citilink. Mereka meminta penerbangan tambahan untuk rute dari Semarang menuju Jakarta, maupun sebaliknya. 

"Sedangkan untuk penambahan tempat duduknya ada sebanyak 889 unit," imbuhnya. 

Cecep menyatakan, momentum arus mudik Natal dan pergantian tahun di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang dimulai pada 20 Desember sampai 6 Januari 2019. 

Dalam rentang waktu 18 hari itu, pihaknya bakal mengerahkan semua personel gabungan dari Penerbad, BMKG dan personel lainnya. 

"Fasilitas bandara juga disiapkan, internet terkoneksi dengan Kemenhub. Sehingga data trafik penumpang pesawat dapat dipantau oleh pusat," tuturnya.


(RRN)