Lima Sekolah di Kendal Terimbas Tol Semarang-Batang

Iswahyudi    •    Rabu, 05 Oct 2016 13:15 WIB
tol
Lima Sekolah di Kendal Terimbas Tol Semarang-Batang
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Empat SD dan 1 SMP terimbas proyek pembangunan jalan tol Trans-Jawa yang melalui Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sekolah-sekolah itu adalah SD Protomulyo 2 Kaliwungu Selatan, SD Sumber Agung 1 dan 2 Weleri, SD Sumber Sari Ngampel, serta SMP 2 Pegandon.

Kasubag Aset Daerah pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kendal, Nung Tubeno, mengatakan, lima sekolah tersebut berdiri di lahan milik desa. 

"Rencananya Senin (10/10) kami akan mengecek lokasi yang terkena proyek pembangunan Tol Semarang-Batang itu," kata Nung, di Kendal, Rabu (5/10/2016).
 
Beberapa pihak terkait, timpal Kepala Badan Pertanahan Nasional Kendal Herry 
Fathurohman, akan diajak berkoordinasi. Sebab, banyak pemilik lahan belum menyerahkan berkas.

Herry menyebut, ada 2.446.131 meter persegi lahan di Kabupaten Kendal yang terkena Tol Semarang-Batang. Lahan itu membentang di 27 desa di 8 kecamatan. "Yang baru dibebaskan baru 10 persen," katanya.

Herry sadar, pembebasan lahan ditargetkan rampung akhir tahun ini. Dia mengaku, pembabasan terkendala masih banyak pemilik lahan belum menyerahkan dokumen kepemilikan lahan. 

“Banyak masyarakat yang tanahnya terkena proyek jalan tol belum mengumpulkan berkasnya. Untuk itu, saya akan melakukan komunikasi dan koordinasi,” jelasnya.


(SAN)